Ini Daftar Vitamin Penting Yang Dibutuhkan Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Sebagai orang tua tentunya kebutuhan untuk anak pasti selalu yang terbaik. Apalagi jika hal tersebut menyangkut kesehatan dan serta tumbuh kembang anak. Untuk memenuhi hal tersebut, pemberian vitamin merupakan kebutuhan yang mungkin cukup mudah untuk dipenuhi oleh orang tua. Vitamin memang sangat diperlukan untuk anak untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. Di dalam vitamin ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk anak-anak Bunda.

Mungkin Bunda sering menonton iklan-iklan yang ada di TV tentang multivitamin tersebut. Berbagai macam iklan tersebut membahas mengenai fungsi dan pentingnya multivitamin sepertinya misalnya, dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak, untuk meningkatkan nafsu makan anak, berat badan yang kurang pada anak agar meningkat, peningkatan kecerdasan otak pada anak, serta masih banyak lagi manfaat baik dari vitamin-vitamin tersebut.

Vitamin Penting Yang Dibutuhkan Anak

Seberapa Pentingnya Vitamin Untuk Anak

Iklan-iklan vitamin yang ada di TV-TV memang cukup mampu dalam memenuhi kebutuhan vitamin anak-anak. Namun, vitamin-vitamin tersebut tentunya tidak memiliki harga yang juga murah. Vitamin ini sebenarnya bisa Bunda dapatkan dari berbagai jenis makanan. Di sinilah Bunda perlu mengeluarkan kreatifitasnya dalam memvariasikan makanan-makanan yang memiliki vitamin yang cukup dan baik untuk dikonsumsi anak-anak serta keluarga lainnya. Hanya saja, beberapa anak biasanya tidak menyukai jenis makanan yang mengandung vitamin tersebut. Karena, sebagian besar makanan tersebut berasal dari sayur-sayuran yang merupakan musuh alami dari anak-anak.

Pemberian vitamin pada anak ini sangat dibutuhkan untuk beberapa kondisi tertentu seperti misalnya saja penyakit autisme. Autisme ini disebabkan oleh kerusakan pada mutilation, glutation,   sulfatin, NADH, NADOH, serta ATP, yang di mana vitamin mampu dalam memperbaiki hal kondisi tersebut. Berbeda dengan anak yang normal, yang telah diberikan kebiasaan makan makanan sehat, tentunya terasa boros ya, kalau harus diberi multivitamin khusus. Karena, anak yang normal yang tumbuh sehat, jumlah vitamin yang diperlukan tubuhnya sudah tercukupi dengan sumber makanan sehat setiap harinya.

Kondisi lain yang memerlukan asupan multivitamin khusus untuk anak seperti :

  • Anak dalam keadaan sakit
  • Anak kehilangan nafsu makannya
  • Asupan makanan kurang bernutrisi

Semua kondisi   tersebut tentunya bisa saja terjadi pada anak Bunda sewaktu-waktu. Jadi, sebaiknya pemberian vitamin tersebut selalu ada pada setiap asupan makanan untuk anak-anak. Kebutuhan nutrisi dari setiap anak-anak berbeda sesuai dengan usianya. Di bawah ini ada beberapa jenis vitamin penting untuk dikonsumsi anak-anak.

Daftar Vitamin Yang Dibutuhkan Anak Berdasarkan Usia

Vitamin A

Vitamin A merupakan sangat baik untuk anak dalam membantu tumbuh kembangnya. Tulang serta jaringan yang mengalami cedera, kesehatan kulitnya, serta yang paling banyak diketahui adalah untuk penglihatannya.

Takaran vitamin A perhari untuk anak sesuai usianya :

– Usia 1 hingga 3 tahun jumlah takaran vitamin A sebanyak 300 mcg perharinya.

– Usia 4 tahun dosisnya bisa dinaikkan lagi hingga 400 mcg perharinya.

Vitamin B Kompleks

Dalam membantu metobolisme tubuh anak-anak Bunda, energi, dan juga kesehatan jantungnya maka Vitamin B Kompleks ini perlu juga setiap harinya.

Takaran vitamin B kompleks perhari untuk anak sesuai usianya :

– Untuk yang masih bayi membutuhkan 0.5 mcg perharinya.

– Untuk yang sudah memasuki usia balita, dosisnya naik sedikit saja yaitu 0.9 mcg perhari.

– Untuk anak Bunda yang sudah memasuki usia 4 hingga 8 tahun kebutuhan vitamin B kompleksnya mencapai 1.2 mcg perhari.

– Yang sudah memasuki usia 9 hingga 13 tahun takaran vitamin B Kompleks dinaikkan menjadi 1.8 mcg perhari.

Vitamin B Kompleks tersebut bsia didapatkan dari makanan berupa daging, unggas, ikan, serta telur.

Vitamin C

Vitamin C bisa Bunda dapatkan banyak dari buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, serta masih banyak lagi. Vitamin C sangat membantu anak-anak dalam kesehatan kulit, jaringan penghubung dan juga otot-ototn anak-anak Bunda.

Takaran vitamin C perhari untuk anak sesuai usianya :

– Bayi yang masih berusia 0 hingga 6 bulan, cukup 40 mg perharinya, yang tentunya di dapatkan dari ASI.

– Setelah menginjak usia 7 hingga 23 bulan sudah bisa mendapatkan vitamin C dari makanan pendamping ASI dengan takaran masih 40 mg perharinya.

– Jika anak Bunda sudah mencapai usia 2 hingga 5 tahun maka dosis vitamin C dinaikkan juga menjadi 45   mg perharinya.

Vitamin D

Membantu dalam pemenuhan kalsium untuk tulang agar di masa tuanya tidak cepat memiliki tulang yang keropos, maka Vitamin D adalah kuncinya.

Takaran vitamin D perhari untuk anak sesuai usianya :

– Untuk anak Bunda yang masih berusia bayi atau pun sudah masuk balita hingga anak-anak takaran vitamin D perharinya yang harus dipenuhi sebesar 400 IU.

Sumber makanan untuk vitamin D ini bisa diperoleh dari salmon, mackerel, sarden, serta susu. Tapi, untuk yang masih bayi dan balita belum bisa mengkonsumsi susu sapi ya Bun. Jadi, ASI saja sudah cukup untuk usia tersebut.

Vitamin E

Sistem kekebalan tubuh anak bisa Bunda pertahankan dengan memberikan asupa vitamin E yang cukup perharinya. Agar aliran darah anak-anak tetap lancar dan juga bersih, vitamin E ini juga sangat berguna untuk.

Takaran vitamin E perhari untuk anak sesuai usianya :

– Usia anak yang telah menginjak 1 hingga 3 tahun perlu diberi vitamin E sebanyak 9 IU perharinya.

– Usia anak yang telah menginjak 4 hingga 8 tahun perlu diberi vitamin E sebanyak 10.4 IU perharinya.

– Usia anak yang telah menginjak 9 hingga 13 tahun takaran vitamin E perharinya dinaikkan menjadi 16.4 perharinya.

– Jika sudah memasuki remaja hingga usia dewasa maka takaran vitamin E bisa mencapai 22 IU peharinya. Jumlah tersebut sepertinya cocok untuk usia Bunda ya.

Asupan makanan yang mengandung Vitamin E ini bisa didapatkan dari sayur-sayuran, kacang-kacangan, almond dan juga hazelnut.