Tingkatkan Sistem Imunitas Anak Dengan Kacang-Kacangan

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Mungkin anak Bunda sekarang sudah bisa bermain sendiri, dan sedikit lebih sulit untuk dikontrol. Apalagi jika sang anak lebih suka bermain di luar rumah. Sebaiknya Bunda menyiapkan halaman tersendiri untuk tempat bermain si anak yang tertutup, entah itu pada bagian depan halaman rumah Bunda ataupun di bagian belakang rumah. Dengan ini, tentunya Bunda tidak perlu takut lagi kalau – kalau si anak bermain sampai ke jalanan. Akan tetapi, membiarkan anak bermain sendiri tanpa pengawasan yang membuat khawatir biasanya adalah kuman berupa bakteri atau virus dari mainan atau dari tempat bermain si anak. Apalagi jika tempat bermain si anak adalah halaman atau pekarangan rumah yang ditumbuhi dengan tanaman, yang tentunya tidak jauh – jauh dari bermain tanah juga, yang merupakan sumber dari kuman dan bakteri.

Jika, anak Bunda memiliki sistem kekebalan tubuh atau imun yang kuat, tentunya Bunda tidak perlu lagi khawatir. Namun, karena mereka itu masih anak – anak yang tentunya tubuhnya masih dalam tahap pertumbuhan, sudah tentu sistem kekebalan tubuhnya juga belum kuat. Dalam membantu memperkuat sistem imun anak, sebaiknya Bunda melengkapi asupan nutrisi hariannya dengan makanan yang bergizi dan sehat. Nah, makanan dengan jenis kacang – kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang dapat membantu anak – anak dalam meningkatkan sistem imun tersebut.

Memangnya peranan kacang – kacangan untuk sistem kekebalan tubuh anak apa aja ya?

tingkatkan imunitas dengan kacang-kacangan

Ada beberapa jenis kacang yang memiliki manfaat baik agar sistem imun pada anak dapat ditingkatkan. Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis kacang yang kami ketahui memiliki manfaat penting tersebut.

  • Manfaat Kacang hijau untuk anak

Antioksidan dalam kacang hijau ini cukup banyak sehingga sistem kekebalan tubuh anak Bunda dapat terjaga dengan baik. Kacang hijau juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu agar pencernaan anak tetap lancar. Tidak hanya sampai disitu saja Bun, manfaat lain dari kacang hijau untuk anak juga baik untuk kecerdasan, karena mampu meningkatkan perkembangan otak anak.

Dan, masih banyak lagi kacang – kacangan  lainnya yang memiliki manfaat dalam mendukung perkembangan serta sistem imun anak antara lain:

  • Manfaat kacang tanah untuk anak

– Bisa untuk membantu dalam pembentukan otot dengan protein yang terkandung di dalamnya.

– Tulang dan gigi anak dapat terjaga dengan kuat, karena jumlah kalsium  pada kacang tanah cukup bagus.

  • Manfaat kacang merah untuk anak

Di dalam kacang merah ini terdapat vitamin K yang bisa membantu menyediakan nutrisi untuk otak serta saraf pada anak. Sehingga kacang merah ini sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak anak.

Peran dari sistem imun dalam tubuh memang sangatlah penting, agar anak bisa terhindar dari pengaruh zat bahaya dari luar. Dengan sistem imun yang lemah, pasti anak bakal gampang sakit, karena virus atau bakteri dapat dengan mudah menginfasi tubuh. Untuk para Bunda yang baru dan anaknya cukup aktif bermain di luar, sehingga sulit untuk mengontrolnya, Kami ada beberapa tips selain mengkonsumsi kacang – kacangan di atas untuk membantu Bunda dalam menangani hal tersebut.

Fungi Kacang Dalam Meningkatkan Imun

Yang namanya anak – anak, yah sudah pasti sulit untuk diatur, apalagi kalau sudah asik main. Yang ada malah Bunda akan bingung cara tenangkan anaknya kalau sudah marah atau menangis, karena  waktu bermainnya diganggu. Anak – anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum berfungsi secara sempurna, yang membuatnya dapat dengan mudah terserang penyakit. Tahukah Bunda, kalau di dalam tubuh anak – anak itu ada dua sistem imun yang bekerja, sistem imun tersebut adalah imun pasif dan juga imun aktif.

Untuk sistem imun yang pasif bertujuan dalam memberikan antibody, sehingga bisa menambah sistem kekebalan tubuhnya bisa bertambah. Untuk imun aktif memiliki fungsi seperti layaknya filter atau pertahanan pertama yang membuat zat asing yang masuk ke dalam tubuh anak menjadi lemah, dan juga mampu membentuk antibody.

Nah, kini Bunda bisa mencoba tips di bawah ini agar sistem imun dari anak – anak Bunda bisa meningkat dan tidak mudah terserang penyakit :

  • Berikan ASI ekslusif secara rutin

Untuk Bunda yang anaknya masih berusia di bawah dari 6 bulan, sebaiknya jangan lepas dulu dari ASI ya Bun. Tetap berikan ASI eksklusif pada bayi Bunda di dalam periode tersebut. Karena, ASI eksklusif merupakan sumber segala nutrisi dan protein untuk bayi, yang juga dapat membantuk bayi Bunda dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuhnya. Jumlah takaran gizi dan nutrisi di dalam ASI sudah sangat pas untuk bayi, dalam memerangi zat – zat berbahaya yang masuk dalam tubuh bayi, yang juga menambah sistem kekebalan tubuhnya. Bukan hanya itu saja manfaat dari pemberian ASI yang rutin. ASI yang Bunda berikan tiap hari pada bayinya bisa mengatasi gangguan pencernaan pada bayi, serta gangguan kesehatan lainnya, dan juga membantu bayi dalam perkembangan otaknya.

  • Siapkan jadwal istirahat

Istirahat sangat dibutuhkan oleh setiap mahluk hidup, apalagi anak – anak yang masih dalam tahap perkembangan. Para Bunda sebaiknya memperhatikan hal ini dengan serius. Kalau perlu, siapkan tuliskan jadwal istirahat pada anak Bunda. Di dalam tidur tersebut ada beberap proses penting terjadi di  dalam tubuh anak, seperti sel – sel baru akan terbentuk dan juga mampu menangkal infeksi dari virus serta bakteri. Untuk anak jumlah waktu tidur perharinya itu bisa diberikan sebanyak 10 jam.

  • Biasakan pola hidup yang sehat dan bersih

Anak – anak memang agak sulit diatur untuk masalah kebersihan. Untuk menyuruh anak mandi saja pasti Bunda kesulitan, kalau anak tidak diiming-imingi sesuatu dulu seperti hadiah dan lainnya. Tapi, seperti semboyan untuk kesehatan yaitu “Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan”, maka dari itu sebaiknya Bunda memperhatikan kebersihan dari anak – anak Bunda agar terhindar dari serangan penyakit. Biasakan mencuci tangan anak sebelum makan dengan pembersih, dan mengajak anak untuk bersih – bersih lingkungan sekitar tempat bermainnya merupakan rangsangan terbaik untuk membuat pola hidup anak bisa tetap terjaga kebersihannya.

  • Penuhi jumlah asupa gizi pada anak

Asupan gizi atau nutrisi pada anak harus Bunda perhatikan dengan baik. Keseimbangan jumlah nutrisi yang masuk dalam tubuhnya bisa membantu dalam memerangi zat – zat berbahaya di dalam tubuh, sehingga mampu membantu sistem kekebalan tubuhnya. Untuk itu makanan – makanan dengan gizi atau nutrisi yang tepat bisa membantu dalam hal ini seperti contohnya adalah makanan dengan jenis kacang – kacangan di atas.