Begini Pentingnya Susu untuk Pertumbuhan Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Kehadiran anak dalam bahtera rumah tangga tidak hanya sekedar pelengkap kebahagiaan tapi anak merupakan anugerah yang menyempurnakan sebuah pernikahan.

Sebagaimana kita tahu sebagai Ibu kita memiliki tanggung jawab yang besar terhadap si kecil, untuk itu sebagai Ibu kita juga dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas mengenai fase pertumbuhan nak. Pada dasarnya pertumbuhan anak itu akan mengalami beberapa fase namun hal yang terpenting adalah bagaimana kita memberikan perlindungan kepada si kecil agar fase pertumbuhannya dapat berjalan maksimal.

Bun, pastinya kesehatan si kecil adalah hal yang sangat utama, seperti kata pepatah kesehatan itu mahal. Untuk itulah bagi Bunda yang telah memiliki buah hati dengan pasangan sangat perlu belajar banyak tentang perawatan anak dalam hal ini tentang nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh si buah hati. Karena nutrisi merupakan asupan yang penting dalam pertumbuhannya, tidak hanya untuk menunjang kesehatannya tapi juga untuk memaksimalkan tumbuh kembang si kecil.

Nutrisi penting yang menunjang tumbuh kembang si kecil bisa diberikan melalui makanan yang dikonsumsi, selain itu pemberian vitamin untuk anak dan susu juga sangat dianjurkan. Vitamin dan susu merupakan asupan tambahan yang sangat penting untuk pertumbuhan anak, seberapa pentingnya susu untuk pertumbuhan anak?

Bun, vitamin untuk anak merupakan asupan yang sangat bermanfaat, karena vitamin akan membantu si kecil mendapatkan gizi yang seimbang, daya tahan tubuh yang baik sehingga ia tidak gampang sakit dan juga bisa meningkatkan nafsu makan si kecil. Bagaimana dengan susu untuk anak?

susu untuk pertumbuhan anak

Sebelum membahas tentang manfaat susu untuk pertumbuhan anak sebaiknya kita lebih dulu mengenali urutan susu terbaik untuk si kecil. Ya, jangan salah Bun, susu untuk pertumbuhan si kecil juga punya urutan lho, seperti apa urutannya Bunda?

  • Urutan pertama adalah ASI, ASI alias air susu Ibu merupakan asupan yang terbaik untuk si kecil mulai sejak hari pertama ia lahir hingga ia berusia 2 tahun.
  • Urutan kedua adalah susu pasteurisasi yang menjadi asupan penting untuk gizi si kecil
  • Urutan ketiga adalah susu segar atau susu bubuk yang menjadi susu untuk melengkapi asupan nutrisi yang hilang dalam fase fortifikasi, tapi sebaiknya Bunda lebih mengutamakan susu segar untuk si kecil

Sejak lama susu dikenal sebagai jenis minuman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, bahkan dari hasil penelitian susu yang kaya akan kandungan vitamin yang baik untuk anak, gizi dan mineral mampu menunjang kesehatan tubuh hingga hari tua nantinya. Karena susu akan memberikan manfaat-manfaat berikut untuk si kecil:

Susu Sumber Protein untuk Pertumbuhan Anak

Protein merupakan salah satu asupan penting untuk memaksimalkan pertumbuhan anak dan susu adalah sumber protein terbaik untuk si buah hati agar ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk itu Bun, berikanlah susu pada si kecil secara teratur agar membantu fase pertumbuhannya.

Membantu Anak Agar Tetap Aktif

Selain sumber protein, susu juga merupakan sumber energi. Nah, sebagaimana yang kita tahu si kecil sangat suka bergerak kesana-kemari dengan riangnya yang mana hal tersebut tentu cukup menguras energinya. Nah, Bunda agar si kecil tetap aktif susu adalah minuman penting yang baik untuk menunjang energinya agar dapat mengimbangi aktivitasnya yang lincah.

Penting untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Susu adalah minuman yang kaya akan vitamin, nutrisi dan mineral. Nah, Bunda salah satu asupan penting yang ada di dalam susu adalah zat besi, kalsium dan vitamin D. Seperti yang kita tahu dua kandungan tersebut adalah asupan yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan pertumbuhan gigi anak.

Tidak perlu ragu Bunda, bahkan sebenarnya susu tidak hanya baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan giginya tapi susu juga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang agar tulangnya dan tumbuh kuat begitu pula dengan giginya.

Sumber Lemak

Tidak selamanya lemak bisa berdampak buruk pada tubuh karena faktanya lemak adalah salah satu asupan yang penting untuk menunjang pertumbuhan otak. Nah, Bunda susu adalah sumber lemak terbaik untuk buah hati yang mana sangat baik untuk fase pertumbuhan otaknya.

Nah, sudah tahukan bagaimana pentingnya susu untuk pertumbuhan anak? Susu sangat penting untuk fase tumbuh kembang si kecil Bunda, sayangnya di era sekarang ini kita sebagai Ibu yang ingin menunjang tumbuh kembang si kecil kerap dibingungkan dengan banyaknya produk-produk susu yang beredar luas di pasaran.

Cara Memilih Susu Yang Baik Untuk Anak

Bunda, memilih susu untuk pertumbuhan si kecil tentu tidak boleh sembarangan ya, kualitas dan keamanan adalah syarat yang paling utama. Jangan ragu untuk menjadi kritis Bunda karena ini adalah untuk si kecil. Sangat disarankan agar Bunda memilih susu yang benar-benar mengikuti standar GMP (Good Manufacturing Product) dan telah melalui uji dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Jangan lupa Bunda juga memperhatikan kondisi si kecil ya, mulai dari usianya atau kondisi tubuhnya. Misalnya saat si kecil cenderung sensitif atau dengan jenis susu tertentu. Jangan berpatokan dengan harga atau merk yang besar karena hal tersebut bukanlah jaminan jika susu tersebut cocok untuk si kecil.

Nah, sementara untuk Bunda yang kesulitan untuk memberikan ASI atau untuk Bunda yang ingin memberikan susu pendamping untuk si kecil sebaiknya perhatikan dengan baik kandungan yang terdapat di dalamnya. Sangat disarankan agar Bunda memilih susu yang memiliki kandungan dan nilai gizi yang hampir sama dengan ASI. Untuk itu sangat dianjurkan agar berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Eits satu lagi Bunda, jangan paksakan anak untuk minum susu ya, jadikan minum susu sebagai fase yang menyenangkan bukan menakutkan karena itu akan berdampak buruk pada psikisnya.

Sekian dulu informasinya ya Bunda, sehat selalu :)