Ini Pilihan Menu Makanan Pendamping ASI (MPASI)

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Bayi Bunda yang sudah berusia 6 bulanan masih menyusui (ASI), atau sudah diperkenalkan dengan yang namanya Makanan Pendamping ASI (MPASI)? Kalau belum diperkenalkan, ajak kenalan aja dulu Bun, hehehe.

Bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas memang sudah perlu untuk diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI. Pemberian MPASI ini memang cukup penting untuk bayi sudah berusia 6 bulanan ke atas. Karena, memang MPASI memiliki beberapa fungsi yang baik untuk kesehatan bayi itu sendiri seperti :

  • Dapat membantu dalam tumbuh kembang indera bayi mulai dari rasa, peraba, penciuman, pendengaran, serta juga penglihatan.
  • Bayi dapat mengenal makanan dengan berbagai warna, tekstur, rasa, serta, suhu yang berbeda-beda.
  • Dengan membantu bayi dalam sistem penginderaannya, maka ini juga bisa membantu otak bayi agar bisa berkembang dengan baik.

Pilihan Menu MPASI

Yang terkadang membuat para Bunda bingung dengan pemberian MPASI kepada bayi ini adalah ketika umur bayi semakin bertambah. Tentunya, itu tidak mungkin untuk memberikan MPASI dengan menu yang sama ketika bayi berusia 6 bulan dan juga berusia 12 bulan. Nanti si dede’ bayinya bakalan bosan untuk makanan itu-itu saja dengan  rasa dan tekstur yang sama. Bayi juga  punya selera sendiri loh Bun, bukan hanya Bundanya saja yang bisa pilih-pilih makanan. Nah, berdasarkan hal tersebut agar para Bunda tidak bingung dalam menentukan menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si dede’ bayi, maka di bawah ini penulis telah merangkum beberapa menu MPASI untuk berdasarkan usianya (6 hingga 12 bulan).

Menu MPASI Untuk Bayi Usia 6 bulan

  • Pemberian ASI : Tergantung dari bayinya, tapi usahakan selalu ada tiap hari.
  • MPASI bayi 6 bulan : Bunda bisa memberikannya bubur yang terbuat dari tepung beras dan buah atau sayur yang dihaluskan tanpa campuran lainnya.
  • Takaran/Porsi : Sekitar 2-3 sendok makan
  • Tekstur dari jenis makanan : Makanan dihaluskan

Pemberian MPASI ini untuk  minggu pertama sebaiknya batasi sehari 1 kali saja. Setelah memasuki minggu kedua dan seterusnya, Bunda bisa menaikkan porsinya hingga 2 kali sehari. Untuk pertama kalinya pemberian MPASI ini, sebaiknya Bunda berikan umpan susu terlebih dahulu. Gunakan sendok plastik yang lebih dan juga piring makan bayi. Jangan lupa untuk membuat tekstur dari  makanan tersebut sehalus mungkin atau encer, agar bayi dapat mudah untuk mencernanya. Pastikan pula tidak memiliki rasa yang  terlalu tajam. Untuk itu, Bunda sebaiknya menggunakan bubur sereal beras saja dulu yang kemudian dicampur dengan susu formula atau ASI eksklusif.

Jenis makanan  yang bisa dikategorikan untuk dikonsumsi sebagai MPASI bayi 6 bulan adalah sayuran seperti, labu, kentang, dan wortel. Untuk jenis buah bisa berupa apel, pir, melon, dan pisang. Semua bahan makanan untuk MPASI tersebut dihaluskan terlebih dahulu. Variasikan makanan tersebut setiap harinya agar bayi tidak bosan.

Menu MPASI Untuk Bayi Usia 7 Sampai 8 bulan

  • Pemberian ASI : ASI masih bisa Anda berikan, namun tergantung dari bayinya lagi. ASI sesuka bayi.
  • MPASI bayi 7 – 8 bulan : Pemberian MPASI untuk bayi yang  berusian 7 – 8 bulan ini bisa bisa ditambahkan dengan cemilan berupa jus, pudding, atau kue khusus bayi.
  • Takaran/Porsi : Masih sama  bayi 6 bulan sekitar 2-3 sendok makan
  • Tekstur jenis makanan : Makanan yang dihaluskan dengan tekstur lembut, seperti bubur tim atau bubur saring.

Di usia ini bayi Bunda sudah bisa mengkonsumsi MPASI sebanyak 2 sampai 3 kali seharinya. Pemberian sereal beras dan juga buah-buahan  sejak usia 6 bulan sebaiknya tetap dilakukan. Tapi, pada usia ini Bunda bisa memperkenalkan lagi tambahan jenis makanan lain dengan protein dan juga zat besi yang tinggi, dan teksturnya lebih tebal seperti :

  • Daging sapi atau ayam yang dihaluskan
  • Telur yang matang (jangan telur mentah atau setengah masak)
  • Kacang-kacangan seperti piling, buncis, dan kacang merah
  • Bunda sudah bisa memperkenalkan bayinya sereal dengan bahan gandum

Pada tahap ini makanan-makanan dengan porsi berat seperti daging memang sudah bisa diberikan. Akan tetapi ini tetap harus Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena, bisa saja beberapa makanan tersebut belum cocok untuk  bayi Bunda, yang bisa menyebabkan alergi. Apalagi jika sebelumnya keluarga Bunda pernah memiliki riwayat alergi yang kuat, terhadap beberapa jenis makanan tersebut.

Menu MPASI Untuk Bayi Usia 9 Sampai 10 bulan

  • Pemberian  ASI : Pemberian ASI tergantung dari kemauan si dede’ bayinya saja ya Bun.
  • MPASI bayi 9 – 10 bulan : Pada usia ini Bunda bisa memberikan MPASI sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Jika Bunda ingin menambahkan camilan  lagi, itu bisa saja dilakukan dengan porsi 1 sampai 2 kali sehari.
  • Takaran/Porsi : Berikan minimal takaran 100-120 ml untuk setiap porsi
  • Tekstur jenis makanan : Tekstur  makanannya masih lembut tapi sedikit padat, misalnya saja nasi tim saring.

Bayi yang telah mencapai usia 9 bulan ini, biasanya ASI sudah jarang diberikan tergantung dari bayinya sendiri. Untuk itu Bunda harus lebih menambah porsi asupan makanan padat sebagai pengganti ASI dan susu formula tersebut. Bunda terlebih dahulu memberikan air putih untuk memancing bayinya sebelum mulai memberi makan. Di usia ini Bunda juga sudah bisa mengajarkan bayinya minum langsung dari botol minumnya sendiri. Jika, Bunda ingin memberinya maka encerkan jus tersebut dengan air dengan campuran 50%. Jika, bayi Bunda sudah bisa aktif menggerakkan saraf motorik halusnya, seperti jari-jarinya untuk mengambil benda-benda kecil, maka Bunda sudah bisa memberikan jenis makanan finger food berupa :

  • Potongan  keju kecil
  • Daging yang halus dan tipis
  • Roti
  • Pasta
  • Buah lembut yang terlebih dahulu dipotong kecil-kecil seperti melon dan juga pisang. Sedangkan untuk kentang, wortel, dan labu harus dimasak terlebih dahulu agar lebih lunak.

Pemberian makanan untuk bayi jika  sudah mencapai usia ini sebaiknya diajarkan dengan duduk tegak, agar tidak mudah untuk tersedak.

Menu MPASI Untuk Bayi Usia 12 bulan

  • Pemberian ASI : Untuk bayi yang berusia pada 1 tahunan ini  biasanya ASI tergantung dari mood bayi saja.
  • MPASI bayi usia 12 bulan : Bayi di usia 12 bulan makanan pendamping bisa diberikan 2 hingga 4 kali dalam sehari. Jika Bunda ingin memberikan camilan bisa saja. Tapi, dengan porsi 1 sampai 2 kali saja.
  • Takaran/Porsi : 1 mangkuk (cup) bayi takaran 200 sampai 250 ml/porsi
  • Tekstur jenis makanan : Bisa makanan keluarga, tapi tetap lebih halus

Di usia bayi yang ke 12 bulan ini, Bunda harus mengajarkan bayi untuk menyantap makanannya sendiri. Berikan air putih dalam cangkir atau gelas agar bayi juga bisa belajar untuk minum sendiri. Usia 12 bulan pada bayi sudah bisa ikut makan makanan keluarga, dengan porsi dan tentunya juga harus yang lunak. Tetap berikan bayi Anda ASI atau susu formula dengan takaran 500 hingga 600 ml, sebanyak 2 hingga 4 kali dalam seharinya.

Semua jenis makanan tersebut merupakan makanan yang sudah bisa diberikan oleh bayi sebagai MPASI. Namun, semua itu harus tetap konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena, dikhawatirkan  si dede’ bayinya mengalami alergi pada jenis makanan tertentu.