Begini Urutan Pertumbuhan Gigi Yang Normal Pada Bayi

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Apakah buah hati Bunda sedang mengalami pertumbuhan gigi? Topik yang satu ini memang sedang hangat-hangatnya nih Bunda, mengingat pertumbuhan gigi pada anak merupakan hal yang penting. Pasalnya tak sedikit anak-anak yang megalami pertumbuhan gigi yang tidak normal. Nah, tahukah Bunda bagaimana urutan pertumbuhan gigi anak yang normal?

Jika Bunda masih diresahkan oleh hal ini, jangan khawatir karena dalam beberapa menit kedepan Bunda akan memahami hal-hal terkait dengan informasi urutan pertumbuhan gigi anak yang normal.

Inilah pembahasan urutan pertumbuhan gigi anak yang normal selengkapnya yang Bunda bisa simak:

Masalah Tumbuh Gigi Pada Bayi

Tumbuhnya gigi pada anak-anak dalam urutan pertumbuhan gigi anak yang normal umumnya ditandai dengan munculnya gigi dipermukaan gusi. Kemunculan gigi tersebut Bunda diikuti oleh berubahnya posisi pada gigi dari tulang pendukung bagian dalam guna menempati posisinya secara fungsional didalam rongga mulut. Pada proses ini bayi tumbuh gigi bisa mengalami masalah susah makan karena perasaan tidak nyaman di mulutnya.

Secara klinis, masa pemunculan gigi adalah sebuah tanda pertumbuhan dan perkembangan anak yang berhubungan pada sistem pencernaannya. Proses pematangan gigi tersebut telah dimulai saat janin memasuki usia 7 bulan atau 8 bulan. Ternyata nih Bunda, serangan penyakit dan gangguan gizi secara berkepanjangan bisa mengganggu proses pada klasifikasi terhadap gigi susu serta gigi permanen pada anak-anak nantinya.

bayi tumbuh gigi

Urutan Pertumbuhan Gigi Anak Yang Normal

Munculnya gigi sebagai urutan pertumbuhan gigi anak yang normal dimulai dari bagian bawah lalu diikuti dengan gigi atasnya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa munculnya gigi anak laki-laki lebih lambat ketika dibandingkan dengan kemunculan pada gigi anak perempuan. Sedangkan anak yang berbadan kurus juga memperlihatkan kemunculan gigi mereka secara lebih cepat jika dibandingkan pada anak yang memiliki tubuh gemuk. Hal ini berasal dari pengaruh faktor keturunan serta ketebalan pada jaringan tulang.

Secara umum, urutan pertumbuhan gigi anak yang normal pada pertama kalinya akan muncul saat anak menginjak usia 6 bulan dari kelahirannya. Seluruh kemunculan gigi susu pada urutan pertumbuhan gigi anak yang normal akan berakhir saat anak berusia 2,5 tahun. Kemunculan gigi susu tersebut ditandai dengan pencapaian kontak gigi geraham susu yang kedua dengan gigi antagonisnya. Urutan pertumbuhan gigi anak yang normal pada gigi susu adalah gigi seri bawah yang biasanya muncul pada usia 6-9 bulan.

Setelah itu disusul dengan gigi seri pada bagian atas. Kemudian gigi seri yang kedua akan tumbuh disamping gigi seri pertama yang pertumbuhannya pada usia 7-10 bulan. Ada beberapa kejadian yang sering terjadi yaitu tumbuhnya gigi seri kedua pada rahang bagian bawah kebih dulu, lebih tepatnya sebelum gigi seri kedua pada rahang bagian atas.

Setelah itu, pada usia 16-20 bulan urutan pertumbuhan gigi anak yang normal akan masuk pada tumbuhnya gigi geraham depan. Pada usia yang sama gigi taring juga akan segera mulai muncul. Pada usia 23-30 bulan, gigi geraham kedua akan mulai tumbuh dan akhirnya pada usia 3 tahun akar gigi susu akan terbentuk dengan sempurna. Setelah itu satu demi satu gigi susu tadi akan mulai tanggal dan kemudian digantikan dengan gigi permanen yang dimulai pada usia 5-6 tahun dengan jumlah 32 gigi. Setelah itu gigi geraham bungsu akan muncul ketika usia 19-22 tahun.

 Hal-Hal Yang Mempengaruhi Urutan Pertumbuhan Gigi Anak Yang Normal

Asupan gizi yang cukup memperngaruhi pembentukan urutan pertumbuhan gigi anak yang normal dan struktur gigi yang sempurna dan sehat khususnya vitamin, fosfat, kalsiun dan protein. Ketahuilah Bunda, pertumbuhan gigi pada anak ini terkadang mengalami beberapa masalah. Masalah yang paling umum adalah tentang gigi keropos yang lebih terkenal dengan sebutan karies. Karies merupakan sebuah penyakit kronik yang berasal dari jaringan keras gigi, hal ini disebabkan oleh demineralisasi lapisan luar atau lapisan keras gigi atau yang lebih populer disebut dengan email oleh bakteri yang menempel pada plak gigi.

Karies ini pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada gigi yaitu gigi berlubang. Awal terjadinya proses karises pada gigi ini dimulai dengan plak yang ada dipermukaan gigi yang mana bakteri dan gula yang berasal dari sisa makanan diwaktu tertentu kemudian berubah menjadi asam laktat. Asam laktat inilah yang kemudian akan menurunkan pH pada mulut menjadi semakin kritis yaitu sekitar pH 5,5 lalu menyebabkan demineralisasi email dimana akan berlanjut pada karies gigi.

Pada awalnya karies berwarna putih yang diakibatkan oleh dekalsifikasi kemudian berkembang menjadi sebuah lubang berwarna cokelat atau hitam dan kemudian mulai mengikis gigi. Khusus pada balita akan banyak dijumpai kerusakan gigi hingga parah dan mengenai sebagian besar gigi mereka. Biasanya hal ini diakibatkan karena pemberian cairan manis atau susu pada botol. Bisa juga karena ASI yang menempel pada permukaan gigi terlalu lama. Peristiwa ini disebut dengan nursing bottle caries yang banyak dijumpai pada anak yang berusia 12 bulanan yaitu dengan terjadinya kerusakan pada gigi geraham, gigi seri atas dan gigi seri bawah.

Upaya yang bisa dilakukan adalah membersihkan plak pada permukaan gigi anak berupa kumur-kumur, menyikat gigi dan membersihkan gigi menggunakan kapas pada balita. Dengan membersihkannya maka gigi dapat terbebas oleh plak terutama pada waktu tidur. Bunda, anak terutama sewaktu balita membutuhkan peran dari orang tua untuk membantu mereka pada proses bagaimana belajar membersihkan gigi dengan benar dan rutin.

Periode Tanggalnya Gigi Susu Pada Anak Normal

Ketika gigi susu mulai tanggal biasanya urutan pertumbuhan gigi anak yang normal disertai dengan tumbuhnya gigi tetap atau gigi dewasa. Namun, terdapat pengecualian terhadap gigi geraham besar yang pertama mulai tumbuh saat umur 6-7 tahun. Jenis gigi geraham ini bukan merupakan gigi pengganti dalam artian gigi ini muncul secara langsung pada deretan pada bagian belakang gigi-gigi susu baik rahang bawah maupun rahang atas. Sedangkan gigi lainnya seperti gigi geraham kecil, gigi taring dan gigi seri akan tumbuh dengan menggantikan gigi susu sebagai gigi pendahulunya.

Pada anak usia 6-11 tahun, urutan pertumbuhan gigi anak yang normal adalah periode gigi campur. Umumnya gigi terlihat tidak beraturan, hal ini karena sedang berada dalam masa peralihan yaitu peralihan antara tanggalnya gigi susu dan tumbuhnya gigi tetap. Pada masa-masa seperti ini Bunda, anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tua untuk secara rutin memeriksakan gigi mereka paling tidak 6 bulan sekali.

Secara umum gigi susu memiliki fungsi untuk membantu dalam proses pencernaan, estetika dan pencernaan. Selain itu, ada fungsi istimewa yang tak dimiliki oleh jenis gigi tetap yaitu posisinya sebagai petunjuk untuk gigi tetap supaya nantinya tumbuh tepat pada tempatnya serta menjaga pada pertumbuhan lengkung rahang. Jika gigi susu lepas sebelum waktunya baik dicabut atau karena karies maka gigi tetap yang tumbuh tidak memiliki petunjuk dan menyebabkan salah arah. Nah, hal inilah Bunda yang menyebabkan gigi tetap tetap tumbuh namun tidak menempati posisi yang ideal sehingga susunan gigi menjadi tidak beraturan.

Itulah mengapa peran Bunda sangat berpengaruh terhadap urutan pertumbuhan gigi anak yang normal sehingga buah hati Bunda memiliki gigi yang ideal dan tumbuh dengan normal.