Penyakit-Penyakit pada Anak yang Disebabkan Infeksi

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Judul di atas mungkin cukup mengerikan bagi para Ibu, karena pastinya tidak ada satupun Ibu yang mau anaknya terjangkit penyakit, ya gak Bun?

Nah, untuk itu pastinya kita harus dong menjaga kesehatan si kecil agar dia selalu sehat dan pertumbuhan serta perkembangannya berjalan maksimal. Tapi kita juga tidak boleh lupa untuk memperkaya pengetahuan, kenapa? Karena ada kalanya si kecil bisa terjangkit penyakit meski sebenarnya kita sudah berupaya maksimal salah satunya adalah masalah penyakit akibat infeksi.

Terdengar mengerikan Bun? Ya seperti itulah faktanya. Penyakit infeksi yang merupakan penyakit akibat kolonisasi dari spesies asing terhadap organ memang merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Pasalnya infeksi bisa menyebar dan sangat merugikan. Kebayang jika terjadi pada anak?

Sayangnya ternyata penyakit infeksi merupakan salah satu penyakit yang cukup sering terjadi pada anak, parahnya lagi ya Bun infeksi justru bisa menimbulkan gangguan serius pada fase tumbuh kembang anak. Tidak hanya pada perkembangan fisiknya saja tapi juga pada perkembangan psikisnya. Nah, untuk itu kita juga wajib untuk mengenali penyakit-penyakit pada anak yang disebabkan infeksi, agar tentu kita dapat menanganinya sebelum terlambat. Apa saya penyakit yang disebabkan infeksi? Yuk kita ulas bersama Bun.

Penyakit pada Anak yang Disebabkan Infeksi

Radang Telinga

Infeksi telinga atau yang biasa disebut radang telinga adalah salah satu penyakit yang sering menjangkiti anak, khususnya anak yang berusia 2 sampai 3 tahun. Penyakit ini umumnya bisa disebabkan oleh infeksi yang terjadi di saluran pernapasan yang disebabkan oleh kekurangan gizi, tidak diberi ASI, daya tahan tubuh rendah, alergi atau paparan asap rokok. Penyakit radang telinga sendiri termasuk penyakit yang cukup pantas untuk kita khawatirkan karena ternyata, penyakit radang telinga bisa menghambat proses belajar bicara pada anak bahkan bisa menyebabkan anak jadi tuli.

Batuk Rejan

Batuk rejan atau yang biasa disebut pertusis yang artinya batuk seratus hari adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada bagian lapisan lendir. Gejalanya adalah batuk dalam kurun waktu yang lama dan umumnya diikuti dengan perubahan suara kala anak sedang menarik napas. Penyakit ini juga tergolong berbahaya karena jika tidak segera diobati infeksi yang menyebabkan batuk juga bisa menyebar ke daerah lain. Bahkan dapat menyebabkan pendarahan di jaringan otak, pendarahan di mata atau pneumonia yaitu radang paru-paru yang disebabkan infeksi.

TBC

Tuberkulosis alias TBC juga menjadi penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Jangan salah Bun, meski penyakit ini banyak terjadi pada orang dewasa, penyakit TBC juga bisa terjadi pada anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada paru-paru, jika tidak segera diobati penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi pada otak, ginjal, usus dan juga pada tulang.

Tetanus

Penyakit tetanus juga umum terjadi pada anak, yang mana disebabkan karena infeksi tali pusar dengan kuman tetanus. Gejala yang umum terjadi adalah si kecil tidak dapat menyusu karena mulutnya mengalami kejang dan tidak bisa terbuka. Biasanya kejang terjadi di daerah mulut akan diikuti pada seluruh tubuhnya.

Penyakit Hepatitis B

Penyakit ini nyaris tidak memiliki gejala atau tanda sama sekali, namun tetap saja penyakit ini sangat berbahaya. Penyakit hepatitis B disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B yang menyerang hati sehingga menyebabkan peradangan di hati, menyebabkan kegagalan fungsi hati bahkan bisa menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

Infeksi Saluran Nafas

Infeksi saluran nafas atau yang dalam bahasa medis disebut diphtheria adalah penyakit yang disebabkan infeksi oleh kuman corybacterium diphtheria yang menyerang pada daerah tenggorokan. Penyakit ini umumnya menimbulkan gejala panas tinggi, sesak nafas yang diikuti dengan suara ngorok saat menarik nafas. Saat terjadi penyakit ini juga sering menimbulkan pembengkakan pada leher.

Bunda, penyakit ini juga tergolong berbahaya karena toksin alias racun yang disebabkan oleh infeksinya bisa menyebar ke berbagai organ. Mulai dari paru-paru, jantung, saraf hingga ginjal yang bahkan bisa menyebabkan gagal jantung dan kelumpuhan.

Campak

Campak juga menjadi penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Bunda harus diketahui jika penyakit campak adalah penyakit yang sangat mudah menular. Biasanya penyakit ini diawali dengan demam tinggi pada anak yang diikuti dengan ruam pada kulit tubuh dan juga disertai batuk, pilek, mata memerah dan selalu mengeluarkan kotoran di mata.

Infeksi Pencernaan

Penyakit ini pantas untuk kita khawatirkan karena pencernaan adalah bagian yang sangat penting untuk menyuplai asupan nutrisi bagi si kecil. Infeksi pencernaan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menyerang saluran pencernaan sehingga menyebabkan anak muntah-muntah atau diare. Meski terkesan umum, tapi jangan pernah remehkan penyakit ini ya Bun, karena muntah-muntah bisa menyebabkan anak kekurangan gizi sedangkan diare bisa menyebabkan anak dehidrasi yang mengancam keselamatannya.

Polio

Poliomyelitis atau yang lebih sering disebut polio merupakan penyakit yang menyerang saraf, otak dan bagian sum-sum tulang belakang. Penyakit ini juga disebabkan oleh infeksi yang dapat menimbulkan dampak mengerikan. Bunda, inilah pentingnya si kecil menjalani pengobatan polio karena penyakit ini bisa menyebabkan cacat pada anak dan bahkan kematian, mengerikan bukan?

Gondongan

Gondongan adalah penyakit infeksi yang menyerang di bagian kelenjar air liur tepat di bawah telinga, bahkan ternyata Bun penyakit ini bisa menyebar ke bagian telinga hingga ke otak. Gondongan merupakan penyakit yang bisa menyebabkan infeksi pada buah zakar yang mengakibatkan kemandulan dalam jangka panjang.

Rubella

Penyakit yang sering disebut dengan istilah campak Jerman termasuk salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang saraf dan otak sebelum menyebar ke bagian kulit. Umumnya anak yang mengalami rubella terjadi oleh penyebaran virus tapi bisa juga ditularkan dari Ibu saat berada di dalam kandungan.

Nah, itulah beberapa penyakit anak yang disebabkan virus. Terus waspada ya Bun :)