Ini Penyakit-Penyakit Anak yang Disebabkan Virus

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Sebagai orangtua kita memiliki peran yang sangat besar dalam pertumbuhan anak, tidak hanya berperan untuk menjaga, menunjang dan membantu tumbuh kembang si kecil kita juga berkewajiban untuk menghindarkannya dari berbagai penyakit.

Bunda, di usianya yang masih kecil anak memang sangat rentan dengan berbagai penyakit, bahkan penyakit bisa menyerang dimanapun dan kapanpun. Bakteri dan virus pun menjadi dua penyebab yang paling sering menyerang buah hati, pasalnya di usianya yang masih sangat muda bakteri dan virus akan sangat mudah menyerang karena fungsi dan juga sistem di dalam tubuhnya masih berada dalam tahap pertumbuhan. Berbeda dengan orang dewasa dimana seluruh fungsi dan juga sistem di dalam tubuh sudah terbentuk dengan maksimal.

Salah satu satu cara terbaik untuk menghindarkan si kecil dari penyakit adalah dengan mengenali virusnya, kenapa? Agar tentu kita dapat melakukan tindakan pencegahan.

penyakit yang disebabkan virus

Nah, Bunda Ini penyakit-penyakit anak yang disebabkan oleh virus, apa saja Bun? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Influenza

Influenza atau yang sering disebut flu menjadi salah satu penyakit yang cukup sering dialami anak. Jangan salah Bun, flu ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu virus influenza. Virus ini terbilang cukup mudah menular dan ditularkan khususnya melalui udara, dimana virus yang masuk ke saluran pernapasan akan menyebabkan anak susah bernapas. Tenggorokan gatal, bersin-bersin, demam dan pilek adalah gejala awal dari penyakit flu.

Pilek

Sama seperti flu, pilek juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Apa bedanya flu dan pilek? Jangan salah Bunda, secara medis flu dan pilek itu berbeda meski flu biasanya diawali dengan gejala pilek tapi dua penyakit ini berbeda satu sama lain. Pilek disebabkan oleh virus rhinovirus, virus sinsisial pernapasan atau virus influenza yang mana setiap virus tersebut sangat mudah menular dan ditularkan melalui udara. Gejala pilek biasanya diawali dengan sesak napas, hidung tersumbat, tenggorokan gatal, lemas, batuk berdahak atau tanpa dahak hingga hidung meler.

Demam

Demam juga termasuk salah satu penyakit yang sering kita jumpai pada anak. Tapi siapa sangka, demam bisa disebabkan oleh dua hal pertama yaitu peradangan dan keduanya adalah virus. Demam terjadi bisa dikarenakan peradangan di dalam tubuh dan bisa juga terjadi karena proses pertahanan dari sel darah putih dalam melawan virus atau bakteri.

Diare

Virus bernama rotavirus adalah virus yang paling sering menyebabkan diare pada anak. Tapi selain itu penyakit diare juga bisa disebabkan oleh alergi, bakteri dan keracunan makanan. Khusus yang terakhir, Bunda sangat disarankan agar si kecil bisa mendapatkan pengobatan medis secepat mungkin karena keracunan makanan dapat mengakibatkan diare yang berbahaya apalagi jika ia sudah lebih dari 5 kali buang air besar.

Tenang Bunda, tidak perlu panic jika si kecil diare. Jika frekuensi BAB nya masih kecil yaitu tidak sampai 5 kali dalam sehari, pengobatan seperti memberikan ASI, menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi dan memberikannya makanan seperti pisang dan kentang bisa Bunda berikan pada si kecil.

Campak

Rubeola atau yang lebih dikenal dengan nama campak adalah penyakit anak yang disebabkan oleh virus paramiksovovirus. Penyakit campak pada anak akan menyerang pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan infeksi. Virus tersebut hampir sama seperti virus yang menyebabkan flu dan pilek yaitu melalui air liur yang terhirup ke dalam pernapasan. Gejala campak biasanya akan dimulai dengan ruam pada kulit, jika ini terjadi sebaiknya segera larikan si kecil ke rumah sakit. Bunda penyakit campak adalah salah satu penyakit paling menular.

Nah, Bunda 5 penyakit di atas adalah jenis penyakit yang paling banyak terjadi pada anak. Tapi selain penyakit-penyakit tersebut masih ada beberapa jenis penyakit lainnya yang juga tidak kalah penting untuk Bunda kenali. Yuk dilanjut Bun :)

Polio

Polivirus  adalah virus yang menyebabkan penyakit polio, yang mana penyakit ini adalah salah satu penyakit mengerikan. Kenapa bisa Bun? Penyakit polio pada anak menyebabkan kelumpuhan khususnya pada bagian kaki yang mana virusnya pertama kali akan masuk melalui mulut lalu menyebabkan infeksi usus dan menyerang saraf sehingga dalam hitungan jam saja virus tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan.

Sangat penting agar anak dapat terhindar dari virus ini karena ternyata polivirus paling sering menyerang anak yang berusia 3 hingga 5 tahun.

Cacar Air

Penyakit ini memang umumnya terjadi hanya satu kali selama hidup, tapi Bun penyakit cacar air pada anak yang disebabkan oleh virus varicellazoster ini juga bisa terulang lho. Meski kecil tapi ternyata penyakit ini tetap bisa terjadi untuk kedua kalinya. Penyakit cacar air umumnya bisa hilang dengan sendirinya tapi sangat disarankan agar selama terjangkit penderita tetap harus terhindar dari kuman dan bakteri.

Hepatitis A

Hepatitis A pada anak disebabkan oleh virus hepatitis yang ternyata merupakan virus yang paling mudah menyerang anak khususnya pada anak yang memiliki imunitas yang lemah. Bahkan penyakit ini bisa menjadi sangat kuat hingga menyebabkan kulit si kecil jadi kuning, kejang hingga kehilangan kesadaran.

Virus hepatitis merupakan virus yang disebarkan oleh kotoran alias tinja pada makanan atau minuman yang kemudian menyebabkan kerusakan pada hati. Mengerikan? Tentu saja Bun. Untuk itu selalu jaga kebersihan makanan dan minuman untuk si kecil, pastikan pula ia mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang ia butuhkan agar kekebalan tubuhnya bekerja maksimal.

Nah, Bunda itulah beberapa penyakit anak yang disebabkan oleh virus, tetap berhati-hati dan berikan perhatian yang maksimal pada anak.