Ajaibnya Nutrisi Yang Ada Dalam Sebutir Telur

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Telur merupakan sebuah makanan yang memiliki protein tinggi, dan juga cukup mudah untuk didapatkan. Selain itu, Bunda juga bisa menghemat biaya belanja bulanan karena harga telur ini terbilang cukup murah. Jadi, buat para Bunda yang tidak ingin pusing dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada anaknya, maka telur adalah alternatif terbaik dan termurah tentunya. Hanya saja masih banyak Bunda yang merasa khawatir akan kandungan lain selain nutrisi tersebut yang katanya memiliki dampak buruk pada kesehatan.

Hal tersebut memang benar adanya, di dalam telur terdapat juga sebuah bakteri yang dinamakan dengan Salmonella. Bakteri ini memang membawa racun yang bernama Salmonella Entritidis. Bahayanya racun yang dibuat oleh bakteri ini ada juga pada telur yang terlihat sehat. Akan tetapi, racun tersebut merupakan racun yang hidup pada telur yang masih mentah atau pun jika telurnya diolah tidak terlalu matang. Mungkin para Bunda pernah melihat orang-orang yang menyantap telur sebanyak 10 hingga 20 butir setiap harinya dalam kondisi mentah, dan mereka tidak mengalami apapun seperti keracunan. Orang tersebut malah mendapatkan energi serta nutrisi yang baik. Mengkonsumsi telur mentah sebanyak itu biasanya dilakukan oleh orang dewasa yang ingin mengikuti pelatihan dalam membakar kalori dengan cepat untuk bisa membentuk otot pada tubuhnya, seperti yang biasa dilakukan oleh binaragawan atau atlit lainnya.

nutrisi telur

Tapi, jika Bunda menggunakan telur tersebut untuk konsumsi harian anaknya maka, sebaiknya diolah dengan cara yang tepat dan pastikan matang. Karena, memang bakteri tersebut hanya dapat berkembang pada tubuh dengan sistem kekebalan yang masih rendah seperti pada anak-anak atau balita. Nah, di bawah ini kami ada beberapa tips untuk Bunda dalam mengolah telur tersebut, agar benar-benar aman untuk dikonsumsi anak atau balita dan terhindar dari kemungkinan anak mengalami keracunan akibat bakter Salmonella tersebut.

– Para Bunda sebaiknya memilih telur dengan cangkang yang masih alami dan utuh. Biasanya para Bunda memilih cangkang telur yang sudah agak pecah, karena harganya memang jauh lebih murah. Hindari hal tersebut agar kesehatan anak serta keluarga tetap terjaga dengan baik.

– Bersihkan bagian luar atau cangkang dari telur tersebut sebelum mulai mengolahnya. Jika, Bunda merebus telur tersebut dengan cangkangnya, maka tetap bersihkan cangkang telur tersebut setelah Bunda rebus ya. Tidak ada salahnya kan, jika Bunda melakukan filter kebersihan 2 kali untuk kesehatan anak dan keluarga.

– Yang ketiga ini sudah kami jelaskan secara jelas di atas, bahwa telur mentah atau setengah matang sebaiknya jangan diberikan kepada anak-anak atau balita.

Nah, sekarang pertanyaan adalah “Apa sih keajaiban dalam telur seperti pada judul di atas?”

Pertanyaan tersebut sebenarnya telah terjawab pada awal artikel ini. Karena, di awal artikel telah kami tuliskan mengenai kandungan nutrisi dan protein dari telur ini. Tapi, untuk melanjutkan penjelasan tersebut kami akan menuliskan detail mengenai protein dan nutrisi apa saja yang ada pada telur tersebut, yang ternyata memiliki manfaat mengejutkan dan itulah yang membuatnya ajaib. Karena, hanya sebutir saja, tapi kandungan nutrisi dan proteinnya ternyata sangat banyak sekali, seperti yang ada di bawah ini :

  1. Protein

Di dalam setiap butir telur itu, setidaknya mengandung 6 gram. Dan, tahukah Bunda kalau telur itu merupakan salah satu sumber protein terbaik yang memiliki kualitas tinggi. Di dalam telur ini ada sekitar 40 jenis protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dalam mengatur metobolisme dan tentunya sangat mudah dicerna untuk anak-anak atau.

  1. Kandungan vitamin yang banyak

Pada artikel di atas kami memang membahas mengenai dampak atau resiko buruk mengkonsumsi telur mentah untuk tubuh. Tapi, itu kan untuk anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa telur itu memiliki kandungan vitamin yang banyak loh Bun. Sehingga Bunda atau suaminya tentu bisa mengkonsumsinya.

Vitamin A : Kandungan vitamin A dalam telur mentah dapat membantu dalam mencegah kanker

Vitamin B12 : Bunda harus tahu hal ini agar keluarga Bunda terhindar dari penyakit jantung, karena kandungan vitamin B12 dalam telur mentah memang membantu mencegah penyakit jantung.

Vitamin D : Semakin tua usia maka tulang juga akan semakin keropos. Tapi, jika Bunda dan keluarga rajin mengkonsumsi kuning telur yang banyak mengandung vitamin D, maka Anda tidak perlu khawatir pengeoropasan tulang, karena memang fungsi vitamin D tersebut untuk melindungi tulang kita.

Vitamin E : Bisa sebagai antioksidan dalam tubuh.

  1. Tambahan energi

Seperti yang telah kami paparkan di atas bahwa, kebanyakan atlit selalu mengkonsumsi telur mentah. Itu, karena mereka memang membutuhkan tambahan energi dalam melakukan aktivitasnya. Riboflavin, VitaminB kompleks, merupakan kandungan telur mentah yang baik untuk memproduksi energi metabolik untuk orang dewasa.

  1. Resiko kanker payudara berkurang

Nah, yang satu ini pasti diinginkan oleh Bunda pastinya. Ini dibuktikan oleh penelitan baru yang telah menemukan bahwa jika Bunda mengkonsumsi telur, maka resiko kanker payudara yang bisa Anda hanya memiliki kemungkinan 24% saja. Ini karena, kandungan kolin, serta nutrisi yang sangat tinggi pada telur bisa mencegah terjadinya hal tersebut.

  1. Kandungan kalorinya sedikit

Penting untuk Bunda ketahui bahwa kandungan kolesterol pada kuning telur itu sekitar 210 mg dan lemak hanya 5 mg saja. Dengan jumlah tersebut sebuah studi membuktikan bahwa sebutir telur sehari untuk dikonsumsi tidak akan menimbulkan potensi darah tinggi, atau serangan jantung tentunya. Karena, kandungan lemak dalam telur tersebut sebagian besarnya itu adalah lemak jenuh serta lemak baik untuk kesehatan loh Bun. Asam oleat dan linoleat merupakan kandungan lemak baik yang membantu dalam mengurangi lemak dari makanan lainnya, serta membantu pula dalam penyerapan kolesterol di dalam usus. Untuk Bunda yang ingin diet, telur ini juga bisa menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi. Ini karena, telur mampu membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Dan, baiknya dalam menjalani proses diet, telur dijadikan sebagai sarapan saja yang Bun.

  1. Memperbaiki penglihatan

Di dalam telur terdapat yang namanya Lutein dan zeaxanthin. Dua zat ini antioksidan yang bisa didapatkan di dalam kuning telur, yang baik untuk kesehatan mata anak-anak Bunda.

  1. Diperkaya dengan

Nah, para Bunda yang sedang hamil atau menyusui juga sangat membutuhkan hal ini dalam membantu perkembangan otak bayinya.

  1. Meningkatkan kadar kolestrol baik

Kolestrol baik dalam tubuh dikenal juga dengan nama HDL (High Density Lipoprotein). Bunda sebaiknya memperbaiki kadar HDL untuk anak serta keluarga, agar bisa terhindar dari penyakit jantung, stroke, serta masalah kesehatan lainnya. Nah, mengkonsumsi telur akan membantu Bunda dan keluarga dalam meningkatkan HDL ini.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Di dalam telur juga terdapat yang namanya peptide. Kandungan nutrisi yang satu ini bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga telur memang cukup baik untuk Bunda konsumsi saat hamil.

Untuk Bunda yang ingin memberikan telur sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi anak-anak, maka berikanlah pada waktu anak sarapan saja, agar manfaatnya bisa lebih efektif sebagai penambah energi dan penunda lapar. Batasi konsumsi telur ini untuk anak-anak Bunda, cukup 4 sampai 5 butir setiap minggunya saja ya Bun, jangan lebih.