Pentingnya Nutrisi dari Daging Ayam Untuk Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Bunda pasti ingin anaknya tumbuh sehat dan lincah bukan? Tentu setiap orangtua mengharapkan itu, siapa sih yang mau anaknya sakit-sakitan? Orangtua mana sih yang tidak suka kala si kecil dapat tersenyum lebar setiap hari?

Bunda untuk itu kebutuhan nutrisi anak harus bisa selalu dipenuhi, yang artinya menu makanan yang ia dapatkan setiap hari harus benar-benar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Nutrisi adalah sebuah sustansi organik yang dibutuhkan oleh organisme di dalam tubuh yang berfungsi untuk menunjang sistem organ, pertumbuhan organ dan juga tubuh serta kesehatan tubuh.

Selama ini kita tahu jika makanan sehat adalah makanan yang bernutrisi sehingga makanan sehat adalah makanan yang penting untuk si kecil. Buah, sayuran, telur dan daging baik itu daging sapi maupun daging ayam adalah bagian dari makanan sehat. Tapi Bunda, ternyata daging ayam sebenarnya jauh lebih baik dari daging sapi bahkan termasuk daging kambing lho, apa alasannya? Karena daging ayam selain lebih mudah diolah, daging ayam juga memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi serta rendah lemak, apalagi untuk jenis ayam kampung. Bahkan ternyata Bunda, daging ayam sendiri adalah salah satu asupan bernutrisi yang penting untuk si kecil. Benarkah?

Nah, sebelum menjelaskan pentingnya nutrisi dari daging ayam untuk anak, saya lebih dulu akan menginformasikan kandungan bernutrisi yang ada di daging ayam, apa saja Bun?

  • Daging ayam mengandung energi sebanyak 302 kkal
  • Daging ayam mengandung protein sebanyak 18,2gr
  • Daging ayam mengandung lemak sebanyak 25gr, yang mana nyaris tidak mengandung lemak jahat
  • Daging ayam tidak mengandung karbohidrat
  • Daging ayam mengandung kalsium sebanyak 14mg
  • Daging ayam mengandung fosfor sebanyak 200mg
  • Daging ayam mengandung zat besi sebanyak 2mg
  • Daging ayam mengandung vitamin A sebanyak 810IU (international Unit)
  • Daging ayam mengandung vitamin B1 sebanyak 0,08mg

nutrisi daging ayam

Nah, seperti yang Bunda lihat sendiri, daging ayam memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya, sehingga pastinya daging ayam menjadi makanan yang menyehatkan untuk si kecil bukan?

Fakta Penting Tentang Daging Ayam

Berikut ini beberapa fakta penting tentang daging ayam yang perlu diketahui:

Sumber Protein Hewani

Daging ayam merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi dan diberikan pada anak, karena daging ayam adalah sumber protein hewani yang sangat penting untuk peremajaan jaringan-jaringan pada tubuh.

Daging Ayam Penting untuk Kekebalan Tubuh Anak

Selain vitamin daging ayam juga memiliki kandungan mineral di dalamnya, yang mana kita tahu jika mineral dan vitamin sangat penting terhadap sisitem kekebalan tubuh. Nah, Bunda tentu mau si kecil kebal terhadap penyakit? Nah, daging ayam adalah nutrisi terbaik untuk anak agar ia terhindar dari virus penyebab penyakit.

Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Seperti yang disebut di atas, daging ayam memiliki kandungan zat besi sebanyak 2mg dan juga kalsium serta fosfor yang mana kandungan tersebut akan sangat membantu pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Bahkan dengan rutin mengkonsumsinya, daging ayam sangat baik untuk memadatkan tulang, biar nanti saat ia dewasa ia akan terhindar dari masalah osteoporosis.

Membantu Perkembangan Otot Anak

Sejak lama daging ayam disebut sebagai makanan yang penting untuk tubuh, bahkan para pakar olah tubuh pun sangat menyarankan untuk mengkonsumsi daging ayam. Bunda daging ayam memiliki kandungan protein yang sangat lengkap, kandungan tersebutlah yang akan sangat membantu perkembangan fisik si kecil.

Penting untuk Metabolisme Anak

Bunda, selain vitamin A dan vitamin B1, daging ayam juga memiliki kandungan vitamin B6. Bun, vitamin B6 adalah asupan yang akan sangat membantu proses enzim di dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, yang mana metabolisme itu penting sebagai sumber energi dan juga pembakaran kalori yang maksimal sehingga tidak perlu takut anak mengalami obesitas yang berisiko.

Pencegahan Kanker Sejak Dini

Daging ayam memiliki banyak kejutan, salah satu hasil penelitian terbaru mengungkapkan jika ternyata daging ayam memiliki kandungan niacin di dalamnya yang mana niacin adalah sebuah zat vitamin yang mampu membasmi sel-sel kanker dan mencegah kerusakan DNA.

Membantu Pertumbuhan Otak Anak

Kandungan zat besi yang tinggi pada daging ayam itu sangat baik lho Bunda untuk setiap bagian tubuh termasuk pula otak si kecil. Bunda, zat besi adalah asupan nutrisi yang penting dalam pembentukan sel-sel darah merah, sebagaimana kita tahu sel darah merah itu berfungsi untuk menyuplai nutrisi dan oksigen pada setiap bagian tubuh termasuk otak si buah hati.

Sudah tahu Bun, seberapa pentingnya nutrisi dari daging ayam untuk anak? Sayangnya ternyata selama ini kita sering salah mengolah daging ayam, benarkah? Lalu seperti apa pengolahan yang sebenarnya?

Bunda, selama ini saat mengolah daging ayam kita sering mencuci dagingnya terlebih dulu sebelum dimasak. Hal itu tentu jelas sebagai tindakan pencegahan kuman dan bakteri yang menempel pada daging. Tapi ternyata Bun, cara pengolahan tersebut salah bahkan hasil penelitian terbaru menyebut jika mencuci daging ayam sebelum di masak justru berisiko menyebarkan bakteri kampilobakter yang mana selama ini bakteri tersebutlah yang paling banyak menyebabkan keracunan makanan. Tidak hanya itu bakteri tersebut bisa menimbulkan infeksi pada hati, pakreas, menyebabkan kerusakan sistem saraf, kejang bahkan hingga masalah yang sangat berbahaya.

Lantas bagaimana cara mengolah ayam yang benar? Untuk itu saya punya beberapa poin yang bisa Bunda lakukan, apa saja Bun?

  • Pastikan mencuci tangan sebelum atau sesudah menyentuh daging ayam
  • Hindari mencuci daging ayam sebelum dimasak
  • Gunakan alat dapur yang berbeda saat mengolah daging ayam bahkan sebaiknya sediakan alat memasak yang khusus untuk mengolah daging ayam
  • Pastikan daging ayam dimasak benar-benar matang
  • Pastikan wadah penyimpanan daging ayam tertutup
  • Jangan pernah mengkonsumsi daging ayam yang sudah lebih dari tiga hari

Nah, itulah beberapa poin penting mengenai daging ayam, semoga informasinya bermanfaat ya Bunda :)