Inilah Kunci Meningkatkan Nafsu Makan Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Setiap orang pasti butuh makan, karena makan adalah kebutuhan paling utama. Makan tidak hanya untuk mengisi perut tapi juga untuk mendapatkan pasokan tenaga dan yang terpenting adalah mendapatkan nutrisi agar tubuh selalu tergaja.

Makan menjadi kebutuhan setiap orang, tapi pada anak makan memiliki peran yang sangat besar. Bunda tentu tahu kan si kecil membutuhkan asupan bergizi untuk tumbuh kembangnya? Nah, hal tersebut pula yang tak jarang membuat para Ibu jadi khawatir saat si kecil susah makan. Karena tentunya jika nafsu makan si kecil mengalami masalah maka akan ikut mengganggu tumbuh kembangnya.

Pada anak masalah penurunan nafsu makan terbilang cukup sering terjadi, bahkan hampir setiap anak pernah mengalami penurunan nafsu makan khususunya saat ia sudah lewat 1 tahun. Tak jarang para Ibu pun jadi kesulitan untuk menghadapinya karena selalu saja ada cara yang dilakukan anak untuk menolak makanan yang diberikan. Mulai dari menutup mulut, melempar makanan, menyemburkan makanan atau bahkan memainkan makanannya. Hal ini tentu akan cukup menyulitkan bukan? Apalagi jika tidak dihadapi dengan sabar.

Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Sebenarnya apa sih penyebab nafsu makan anak menurun? Bunda, sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab nafsu makan anak menurun, antara lain:

  • Merasa bosan dengan tekstur makanan
  • Mulai mencari rasa yang sesuai selera
  • Terlalu aktif bergerak
  • Ingin mencari perhatian
  • Pemberian porsi makanan yang berlebihan
  • Cara pemberian makan yang terlalu menggebu-gebu
  • Terlalu banyak diberikan camilan
  • Mengalami gangguan kesehatan
  • Stres karena terlalu sering dipaksa makan sehingga membuatnya berpikir waktu makan adalah menakutkan
  • Tidak suka dengan tempat makannya

Ya, ada banyak penyebab si kecil kehilangan nafsu makan, dan untuk mengatasinya pun bukan hal yang mudah. Beberapa Ibu mungkin akan terkesan memaksa atau menggunakan metode imbalan agar si kecil mau makan. Sayangnya hal tersebut justru cenderung kurang efektif karena selain bisa membuat anak stres, metode tersebut juga secara tidak langsung akan mengajarkan anak untuk mencari imbalan jika disuruh atau diperintah oleh orangtua yang mana tentu tidak baik untuk anak itu sendiri. Lantas bagaimana caranya meningkatkan nafsu makan anak?

Nah, Bun inilah kunci meningkatkan nafsu makan anak, yuk kita bahas bersama.

Mengajak si Kecil Berolahraga

Pada umumnya saat usianya sudah diatas 1 tahun, si kecil sudah mulai sering melakukan banyak aktivitas. Bahkan secara alami semakin bertambah usianya maka aktivitasnya pun semakin tinggi. Biasanya di fase itu si kecil sudah mulai suka beraktivitas di luar rumah. Nah, mungkin hal ini akan membuat Bunda khawatir, tapi tenang Bunda bisa memanfaatkan fase tersebut dengan sering mengajak si kecil berolahraga. Selain menyehatkan, olaharaga akan membuat nafsu makannya meningkat, kenapa? Karena saat berolahraga aktivitas tubuhnya akan membakar kalori dengan sempurna sehingga ia akan memiliki rasa lapar yang besar.

Membuat si Kecil Tertawa

Mungkin Bunda merasa jika cara ini cukup aneh, kok bisa tertawa meningkatkan nafsu makan? Tapi dari hasil penelitian, pada orang dewasa maupun anak-anak tertawa menjadi aktivitas yang cukup berpengaruh pada nafsu makan. Nah, saat Bunda sering melihat si kecil cenderung murung saat berdiam diri di rumah, buatlah dia tertawa. Selain menghiburnya hal ini juga akan membuat nafsu makannya meningkat.

Hindari untuk Memberikan Minum sebelum Makan

Salah satu penyebab anak jadi malas makan karena ia terlalu banyak minum, entah itu air putih, susu atau sirup. Pasalnya, cairan yang ia minum pasti akan membuatnya jadi merasa kenyang. Nah, untuk mengatasinya sejak dini Bunda bisa membatasi minuman yang boleh dikonsumsi si kecil, dan satu lagi ajarkan si kecil untuk tidak minum sebelum makan.

Berkreasi pada Menu Makanan

Kreasi dari sang Bunda sebenarnya merupakan salah satu kunci meningkatkan nafsu makan anak. Seperti yang Bunda telah baca di atas, salah satu penyebab nafsu makan anak menurun itu disebabkan karena fase dimana ia sudah mulai mengenal rasa dan mencari-cari rasa yang sesuai selera. Nah, hal ini sebenarnya menjadi solusi untuk Bunda agar nafsu makannya kembali meningkat, yaitu dengan berkreasi pada makanannya. Seperti membentuk makanannya dengan tokoh-tokoh kartun lucu, menggunakan alat makan dengan warna cerah dan unik atau sesuai dengan tokoh kartun favorit si kecil.

Namun satu hal yang paling penting untuk Bunda ingat, sebebas apapun Bunda berkreasi pastikan kandungan nutrisi pada menu makanannya tetap terpenuhi. Jangan salah Bun, selain menyehatkan dan juga menunjang tumbuh kembangnya makanan bernutrisi juga ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Memberikan Asupan Vitamin B, C dan Zinc

Pemberian asupan vitamin tambahan untuk si kecil juga cukup efektif untuk meningkatkan nafsu makannya. Seperti vitamin B, C dan juga zinc. Vitamin B menjadi asupan yang cukup baik untuk meningkatkan nafsu makannya, apalagi jika di konsumsi secara teratur. Hal yang sama juga berlaku pada vitamin C dan zinc yang menjadi asupan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga nafsu makan. Nah, untuk itu tidak ada salahnya agar Bunda memberikan vitamin B, C dan zinc yang bisa bunda dapatkan dari buah-buahan.

Nah, Bun tidak sulit kan untuk meningkatkan nafsu makan si kecil? Ketimbang Bunda panik apalagi sampai marah-marah saat si kecil tidak nafsu makan, lebih baik Bunda coba cara-cara di atas. Semoga informasinya bermanfaat ya Bun :)