Begini Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Tangkap Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Sudah menjadi impian orangtua agar buah hati tercinta tumbuh dengan cerdas dan memiliki daya tangkap yang baik. Pastinya Bunda juga menginginkan itu bukan?

Kecerdasan dan daya tangkap anak sepenuhnya menjadi kewajiban kita sebagai orangtua. Anak yang masih dalam tahap pertumbuhan membutuhkan banyak hal dari orangtua, tidak hanya agar ia dapat tumbuh sehat dan optimal tapi juga agar kecerdasan otak dan daya tangkapnya dapat berkembang dengan maksimal. Nah, Bunda bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak dan daya tangkap anak? Yuk kita bahas bersama.

Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Tangkap Anak

Berikan Asupan Gizi yang Ia butuhkan

Makanan memiliki pengaruh yang luar biasa bagi tumbuh kembang anak, pasalnya dari sinilah ia akan mendapatkan gizi, nutrisi, vitamin dan mineral yang akan membantu fungsi dan kinerja seluruh organ tubuhnya termasuk pula pada bagian otak anak.

Nah, memberikan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan si kecil adalah cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga daya tangkapnya. Tidak sulit kok melakukannya, Bunda hanya harus memastikan jika makanannya sudah memenuhi 4 sehat dan 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, vitamin, mineral dan gizi serta omega 3. Kalau perlu berikan multivitamin yang dibutuhkan oleh si kecil.

Ajarkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat menjadi salah satu kunci agar si kecil tumbuh sehat dan memiliki kecerdasan luar biasa. Pasalnya pola hidup sehat yang berarti menjaga kebersihan, memberikan makanan yang sehat dan berolahraga adalah rangsangan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang otak anak.

Ya Bunda aktivitas fisik pada anak sangat baik untuk kesehatan organ tubuh dan juga fungsinya termasuk pada bagian otak si kecil. Pasalnya, gerakan tubuhnya akan ikut mengaktifkan salah satu bagian penting dari otak yang mana sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya pikir dan juga daya tangkap si kecil

Sediakan Sarapan

Selama ini kita telah banyak mendengar jika sarapan merupakan aktivitas yang penting untuk menunjang keseharian kita. Pasalnya sarapan akan membantu menyediakan energi untuk menyongsong aktivitas seharian penuh.

Nah, Bun sarapan juga menjadi bagian yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan dan juga daya tangkap si kecil. Khususnya dengan menu saran yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat sangat baik untuk membantu kinerja dan fungsi otak anak. Bahkan dari hasil penelitian, anak yang sarapan memiliki memori dan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi di banding mereka yang tidak sarapan.

Penuhi Waktu Istirahatnya

Tidur merupakan fase yang tidak kalah penting lho Bun, karena saat tidur tubuh akan melakukan banyak hal untuk meregenerasi energi hingga fungsi dan kinerja organ. Nah, hal tersebut pula yang wajib kita lakukan demi meningkatkan kemampuan otak si kecil termasuk pula daya tangkapnya. Tidur sangat penting untuk fungsi kognitif anak, mulai dari memori otak, perhatian, pemecahan masalah hingga pengambilan keputusan.

Hal tersebut pun telah didukung dengan hasil penelitian dari berbagai negara yang mana mencatatkan jika anak yang mendapatkan tidur yang cukup jauh lebih memiliki kecerdasan dan daya tangkap yang baik. Sedangkan mereka yang cenderung tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup justru lebih sering kesulitan untuk memusatkan perhatiannya saat belajar.

Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Lingkungan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi anak. Kita tidak perlu jauh-jauh untuk membentuk lingkungan yang nyaman bagi si kecil tapi kita bisa memulainya dari rumah.

Ya Bunda, lingkungan yang nyaman di rumah sangat baik untuk meningkatkan daya tangkap dan juga kemampuan otak si kecil. Bahkan dengan lingkungan keluarga yang nyaman, si kecil akan lebih memiliki tingkat emosional yang stabil, memori yang sehat dan keterampilan yang hebat.

Nah, untuk itu sangat penting agar kita menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi si kecil. Kurangi kebisingan suara, hadapi anak dengan tenang dan tidak mudah emosi adalah kunci penting untuk tumbuh kembang otak si kecil.

Batasi Nonton TV

Nonton TV memang menjadi aktivitas yang sangat digemari anak. Bahkan, sangat mungkin jika ia cenderung lebih memilih nonton tivi ketimbang belajar. Namun harus diingat ya Bun, nonton tivi justru menjadi salah satu aktivitas yang sekarang ini telah banyak merugikan anak. Tidak hanya karena tayangan-tayangan televisi sekarang ini cenderung tidak sehat bagi anak tapi juga karena nonton tivi justru sangat berisiko terhadap kesehatan dan juga kemampuan otak anak. Hasil penelitian menunjukkan jika anak yang lebih banyak nonton tivi justru tidak dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat belajar.

Nah, Bunda untuk itu kita wajib memberikan batas waktu bagi si kecil saat nonton tivi, maksimal 2 jam setiap hari dan satu jam tambahan di hari libur.

Berikan Stimulasi

Nah, cara yang tidak kalah pentingnya agar si kecil punya otak yang cerdas adalah dengan memberikan stimulasi sejak dini. Ya Bunda stimulasi sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga daya tangkapnya.

Bunda bisa memberikan stimulasi berupa pertanyaan-pertanyaan yang membantu daya imajinasinya atau ide-ide kreatifnya seperti menanyakan aktivitas yang ia lakukan dan memberikannya permainan edukatif seperti mainan kayu yang sudah banyak memberikan manfaat dalam melatih kecerdasan anak

Akrabkan Anak dengan Alam

Mungkin ini adalah salah satu hal yang tidak banyak ingin dilakukan oleh para orangtua, karena alam bebas memang rentan dengan bakteri dan kuman. Tapi Bun, mengajarkan anak untuk bermain bersama alam justru punya manfaat tersendiri pada kemampuan otaknya. Seperti melatih konsentrasi, perhatian anak hingga kontrol implus dan juga memori otaknya.

Nah, Bunda itulah beberapa cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tangkap si kecil. Semoga informasinya bermanfaat dan anak dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berbakat pada orangtua :)