Begini Cara Mengecek Keaslian Izin POM Suatu Produk

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Untuk memilih suatu produk yang berhubungan dengan makanan, minuman, obat-obatan, dan juga kosmetik, maka yang perlu Bunda lakukan adalah pengecekan pada izin dari produk tersebut. Izin dari suatu produk ini ditangani langsung oleh instansi pemerintahan yang bernama Direktorat Penilaian Keamanan Pangan, atau yang lebih dikenal dengan nama BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Hal tersebut penting untuk Bunda ketahui, apalagi jika ingin membeli produk makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga.

Jenis dari produk yang memang dinilai baik dan layak untuk diperjual belikan untuk konsumsi umum, maka akan diberi sebuah kode produksi sebagai penanda bahwa produk tersebut memang telah resmi terdaftar di BPOM. Namun, sepertinya tidak semua orang mengetahui hal tersebut. Mungkin masih banyak diantara kita yang masih lalai dalam mengecek hal tersebut. Jangankan izin BPOM, masa berlaku dari suatu produk saja pasti masih tidak terlalu diperhatikan.

Mengecek Keaslian Izin POM Suatu Produk

Setiap kode produksi dari suatu produk memiliki arti tersendiri, di mana akan kami jabarkan di bawah ini secara lebih detail lagi :

TR = Yang berarti itu adalah kode untuk obat tradisional yang diproduksi di dalam negeri

TI = Yang berarti itu adalah kode untuk obat tradisional yang diproduksi bukan dari dalam negeri (luar negeri) atau impor

SD = Merupakan kode untuk jenis produk suplemen yang diproduksi oleh dalam negeri

I = Merupakan sebuah kode untuk jenis produk yang diproduksi bukan dari dalam negeri (impor)

MD = Jenis produk makanan yang diproduksi oleh dalam negeri sendiri

ML = Jenis produk makanan impor atau diproduksi di luar negeri

D = Merupakan kode untuk jenis produk kosmetik yang diproduksi di dalam negeri

CL = Merupakan kode untuk jenis produk kosmetik yang diproduksi dari luar negeri (impor)

CA = Kode untuk kosmetik yang memiliki tanda notifikasi

Nah, itulah beberapa jenis kode produksi BPOM yang perlu diketahui, untuk lebih mempermudah mengenal jenis produk dan juga asal produksi dari produk tersebut. Hanya saja, BPOM sekarang sudah memperbarui tampilan dari websitenya tersebut. Anda tidak akan bisa lagi menemukan kode produksi pada hasil pencariannya. Anda hanya akan melihat data dari 3 kolom yang akan ditampilkan yaitu Nomor Registrasi, Produk, dan juga Pendaftar. Ini mungkin untuk menghindari penipuan dari para distributor yang tidak resmi terdaftar pada BPOM ini.

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi tentang cara benar dalam melakukan pengecekan keaslian dari izin POM produk tersebut. Agar Bunda tidak salah dalam memilih produk baik itu makanan, minuman, obat-obatan, dan juga kosmetik.

Cara Mudah Mengecek Keaslian Izin POM Produk

– Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuka situs resmi dari BPOM. Alamat url dari situs resmi BPOM ini adalah www.pom.go.id.

– Mungkin Bunda akan sedikit bingung dengan tampilan awalnya, dan mencari di mana menu untuk pengecekan nomor BPOM produk tersebut. Silahkan Bunda perhatikan pada menu-menu yang ada di bawah logo BPOM tersebut. Pada salah satu menu tersebut ada tertulis menu “Daftar Produk”. Arahkan saja mouse Bunda ke menu tersebut dan nantinya akan muncul menu lagi, yang bertuliskan “Cek Produk BPOM”. Tapi, Jika masig bingung mencarinya pada halaman awal tersebut, maka ini url langsungnya bisa menuju ke cekbpom.pom.go.id.

– Tunggu beberapa saat dan Anda akan melihat halaman baru, di mana di dalam halaman tersebut akan muncul beberapa opsi dan menu untuk mencari suatu produk. Pencarian jenis produk tersebut tentunya berdasarkan dari nomor registrasi yang tertera pada kemasan pembungkus dari produk tersebut. Tapi, jika pada kemasan Bunda kesulitan menemukan nomor registrasinya, maka silahkan ganti opsinya. Ada berbagai macam opsi pencarian yang telah disediakan yaitu, cari berdasarkan Nomor Registrasi, Nama Produk, Merk, Jumlah dan Kemasan, Bentuk Sediaan, Komposisi, dan Nama Pendaftar.

– Jika, Bunda memilih opsi pertama yaitu Nomor Registrasi, maka silahkan masukkan kode dari nomor registrasi yang tertera pada kemasan produk tersebut. Tapi, agar lebih mudah untuk mendapatkan informasi maka, sebaiknya memasukkan merk dari produk tersebut. Untuk memasukkan nomor registrasi atau merk produk tersebut, yang penting diperhatikan adalah pemakaian tanda baca. Bunda tidak perlu lagi memasukkan tanda baca pada kolom pencarian tersebut seperti, tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik dua (:), dan tanda-tanda baca lainnya. langsung saja ketikkan nomor registrasi atau merk dari produknya.

– Setelah memasukkan merk atau nomor registrasinya, maka silahkan tekan tombol Enter pada keyboard atau klik tombol Cari yang ada di samping kolom input nomor registrasi tersebut. Tunggu beberapa saat saat web mencari kode dari nomor registrasi produk tersebut. Jika, ada hasil pencarian yang muncul yang sesuai dengan merk atau nomor registrasi produk tersebut, itu berarti produk tersebut sudah terdaftar di BPOM dan memiliki izin resmi.

Nah, untuk memperjelas bagaimana cara mudah mengecek keaslian produk tersebut, kami memiliki sebuah contoh produk kosmetik yang memiliki legalitas dan juga ijin yang sudah terdaftar di BPOM yang didaftarkan oleh perusahan CV. Digi Medika dengan merk Miradi. Jadi, kami di sini memasukkan merk dari produk tersebut yaitu Miradi.

Hasil yang ditampilkan berdasarkan pencarian merk Miradi tersebut memunculkan tiga produk yang terdaftar. Dan, semua produk tersebut sudah memiliki Nomor Registrasi yang lengkap dengan tanggal penerbitannya. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap pada setiap produk tersebut, maka silahkan klik pada Nomor Registrasi atau Nama Produknya.

Nah, itulah cara mudah untuk mengecek dan mengetahui keaslian izin BPOM dari suatu produk. Dengan cara ini tentunya Bunda akan lebih berhati-hati dalam membeli sebuah produk. Dengan memastikan keaslian izin dari produk tersebut, itu berarti Anda tidak perlu lagi ragu-ragu tertipu membeli produk tersebut walaupun melalui sebuah website atau toko online. Semoga informasi tersebut di atas bisa bermanfaat :)