Begini Cara Mencegah Anak Supaya Tidak Gampang Sakit

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Si kecil yang tumbuh sehat dan aktif tentu menjadi harapan kita, ya gak Bun? Pastinya setiap orangtua berharap agar si buah hati tercinta bisa selalu sehat, orangtua mana sih yang gak sedih dikala si kecil terbaring lemah karena sakit?

Saat si kecil sakit pasti kita sebagai orangtua ikut jadi sedih, bahkan mungkin Bunda pun jadi khawatir. Hal tersebut pun tak jarang jadi ketakutan tersendiri bagi para orangtua khususnya saat memasuki penghujung tahun, dimana umumnya menjadi musim penghujan. Bunda pasti sudah tahu kan kalau musim penghujan umumnya adalah musimnya penyakit? Apalagi kalau bukan masalah kuman dan bakteri yang mengancam. Terlebih lagi bagi anak kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna.

Nah, untuk itu mumpung belum musim penghujan nih Bun sebaiknya sejak dini kita sudah melakukan upaya untuk mencegah si kecil dari penyakit. Agar saat musim penghujan tiba (sebenarnya gak hanya di musim penghujan sih) si kecil jadi tidak gampang sakit.

Mencegah Anak Supaya Tidak Gampang Sakit

Bun, begini cara mencegah anak supaya tidak gampang sakit.

ASI Ekslusif

ASI adalah asupan yang paling sempurna bagi bayi karena ASI sudah memiliki kandungan yang paling sempurna. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya tapi juga untuk menjaga kesehatan si kecil. Nah, untuk itu pemberian ASI eksklusif sangat disarankan agar sejak dini Bunda bisa membuat si kecil tidak gampang sakit. Sederhana tapi kaya akan manfaat.

Penuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi

Gizi dan nutrisi yang cukup dan sesuai kebutuhan si kecil juga sangat baik untuk mencegah si kecil sakit. Pasalnya gizi dan nutrisi merupakan zat yang penting dalam tumbuh kembang si kecil. Mulai dari organ hingga sistem tubuhnya.

Untuk itu penuhilah kebutuhan gizi dan nutrisi anak agar dia tidak gampang sakit. Gizi dan nutrisi bisa Bunda berikan melalui makanan yang sehat, yang mengandung protein, vitamin, karbohidrat dan mineral.

Selain itu ajari pula si kecil untuk rajin mengkonsumsi buah dan sayur, yang mana merupakan sumber gizi dan nutrisi.

Satu lagi Bun, pastikan si kecil tidak jajan sembarangan dan mengkonsumsi makanan instan dan snack. Ingat, bahan penyedap bisa berbahaya untuk si kecil.

Jaga Kebersihan

Kuman dan bakteri merupakan sumber penyakit. Nah, untuk itu selalu jaga kebersihan di sekitar si kecil. Mulai dari kebersihan lingkungan hingga kebersihan peralatan makan dan minum termasuk pula pakaian untuk si kecil.

Imunisasi

Tidak sedikit orang yang menolak imunisasi karena dianggap berbahaya. Tapi sebenarnya imunisasi juga menjadi cara yang baik untuk si kecil supaya anak tidak gampang sakit. Seperti apa sih imunisasi untuk anak? Baca disini Jenis-Jenis Imunisasi yang Lengkap.

Ajari Anak Hidup Bersih

Bunda juga penting agar mengajari si kecil hidup bersih, karena kebersihan adalah salah satu cara terbaik agar si kecil tidak gampang sakit. Ajari pentingnya rajin mencuci tangan setelah bermain, sebelum makan atau sesudah dari kamar mandi. Selain itu biasakan pula agar si kecil mandi dengan bersih serta rajin menggosok gigi.

Cukupi Kebutuhan Cairannya

Cairan tubuh juga penting untuk Bunda penuhi karena cairan tubuh juga berperan penting terhadap proses pencernaan, sirkulasi darah dan metabolisme tubuh. Kekurangan cairan tubuh juga tidak hanya bisa membuat anak jadi dehidrasi tapi juga bisa membuat anak jadi rentan terhadap penyakit. Untuk itu selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh si kecil ya Bun.

Penuhi Waktu Istirahatnya

Waktu istirahat termasuk pula waktu tidur juga penting untuk bunda perhatikan. Karena tidur menjadi proses untuk mengembalikan energi dan juga sekaligus untuk menjaga kesehatan.

Nah, Bun harus Bunda pahami jika anak membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih banyak ketimbang orang dewasa. Bahkan setiap hari anak membutuhkan waktu tidur hingga 11 sampai 13 jam. Jika si kecil kurang tidur maka dia akan 2 kali lebih rentan terhadap penyakit. Bunda tidak mau kan si kecil jatuh sakit?

Jauhkan dari Polusi Udara

Selain faktor musim penghujan sebenarnya ada abnyak faktor yang bisa membuat si kecil sakit, salah satunya adalah faktor lingkungan. Tidak hanya karena lingkungan yang kurang bersih tapi juga pengaruh dari udara kotor yang terkontaminasi polusi udara. Nah, untuk itu mencegah anak sakit dan supaya anak tidak gampang sakit penting agar Bunda dapat menjauhkan si kecil dari polusi udara. Seperti asap kenalpot atau asap rokok yang selama ini menjadi salah satu polusi yang paling dekat dengan anak.

Ajak Berolahraga

Anak membutuhkan aktivitas fisik bahkan hal tersebut juga menjadi salah satu cara mencegah anak supaya tidak gampang sakit. Namun aktivitas fisik yang terbaik adalah mengajak si kecil berolahraga. Olahraga sangat membantu memperlancar aliran darah dan membantu melancarkan asupan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini tentu sangat membantu agar si kecil tidak gampang sakit.

Berikan Madu secara Rutin

Madu khususnya madu murni memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Salah satu kandungannya adalah antikuman dan antivirus. Hal ini tentu sangat baik untuk Bunda berikan pada si kecil karena dengan dua kandungan tersebut Bunda akan sangat membantu untuk mencegah si kecil terserang penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Rutin Periksakan Kesehatan Anak ke Dokter

Nah, yang terakhir adalah rutin memeriksakan kondisi kesehatan si kecil ke dokter. Selama ini banyak orang yang cenderung baru periksa ke dokter saat sakit. Padahal sebenarnya selain membantu menyembuhkan penyakit dokter juga sangat membantu dalam mencegahnya. Nah, untuk itu jangan sungkan untuk rutin mengecekan kesehatan si kecil ke dokter ya Bun.