Begini Cara Memilih Susu Formula Yang Cocok Untuk Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Anak-anak adalah usia di mana mereka belum dapat melakukan segala hal dan memenuhi kebutuhan pribadi mereka sendiri. Maka hal tersebut menjadi tugas dan kewajiban orang tua. Termasuk dalam hal memilih susu Bunda, harus disesuaikan dengan usia si kecil.

Mengenal Usia Bayi dan Kebutuhan Susunya

Bunda, saat anak kita berumur 0 hingga 6 bulan, ASI eksklusif adalah makanan terbaik untuk mereka. Kemampuan organ pencernaan bayi ketika usia tersebut masih sangat sensitif dan masih rentan keadaannya. Sehingga ASI secara eksklusif sangat dianjurkan untuk bayi pada usia tersebut untuk memudahkan bayi menyerapnya. Jika diberikan susu formula maka hanya akan terserap 5-10% saja. Cara memilih susu formula untuk anak usia ini juga harus Bunda perhatikan, ya.

Saat bayi berumur 6 hingga 12 bulan asupan yang diambil berasal dari ASI 70% dan sari makanan sebesar 30% saja, Bunda. Di usia bayi tersebut Bunda dapat menambahkan makanan padat sebagai pendamping ASI. Jika Bunda memberikan susu formula pada bayi usia ini maka hanya kisaran 15-20% yang akan dapat diserap. Perlu juga diperhatikan cara memilih susu formula untuk anak di usia tersebut. Sekedar untuk menambah wawasan, Bunda bisa membaca lebih jauh tentang perbandingan zat gizi ASI dengan susu formula di artikel kami sebelumnya yang berjudul Ini Perbandingan Kandungan ASI Dan Susu Formula.

Sedangkan pada umur 12 hingga 18 bulan bayi akan menyerap ASI sebesar 50% serta sari makanan dan susu formula 50% saja. Penyerapan ASI akan semakin kecil ketika bayi berumur 18 bulan hingga 2 tahun yaitu 30%. Sedangkan sisanya 70% diambil dari sari makanan dan susu formula. Perlu Bunda ketahui melihat besarnya serapan ASI yang dibutuhkan si kecil sangatlah dipengaruhi usianya. Masa usia 0 hingga 2 tahun adalah masa di mana mereka membutuhkan asupan ASI.

Namun tentunya banyak dari para Bunda yang mengalami kesulitan jika harus memberikan ASI hingga si kecil berumur 2 tahun. Maka Bunda perlu susu formula untuk si kecil. Maka dari itu Bunda harus bijak dan mengetahui cara memilih susu formula untuk anak secara tepat. Bunda tentu mengharapkan yang terbaik bukan untuk buah hati?

Memilih Susu Formula Yang Cocok Untuk Anak

Mengetahui Kandungan Susu Formula Bayi

Cara memilih susu formula untuk anak yang tepat adalah dengan memperhatikan kandungan gizi yang ada dalam susu formula tersebut. Bunda harus cermat dalam memilih susu formula, jangan sampai Bunda hanya melihat merk atau label bahkan harga. Hal tersebut tidak dapat menjamin susu formula yang baik Bunda. Susu formula terbaik untuk anak adalah yang memiliki kandungan yang mendekati ASI.

Saat ini memang sangat banyak susu formula yang diproduksi, namun cara memilih susu formula untuk anak yang benar adalah dengan melihat label nutrisi yang tertera pada kotak susu formula tersebut. Kandungan susu formula anak harus menurut dengan aturan Codex Alimentarius Comission. Kandungan nutrisi dalam susu formula yang menekati mirip dengan ASI maka itulah yang harusnya Bunda pilih.

Bunda, susu formula yang baik adalah susu yang mengandung DHA, taurin, dan nukleotida. Sebab menurut para ahli zat tersebut mampu memberikan manfaat baik dan aman dikonsumsi bayi. Namun Bunda juga harus tahu kalau ada beberapa jenis senyawa yang tidak diperbolehkan ada dalam susu formula. Senyawa tersebut adalah gangliosida, lutein, dan sphingomyelin. Jadi Bunda, cara memilih susu formula untuk anak yang benar adalah dengan melihat kandungannya pada label nutrisi sufor (susu formula) ya, Bunda.

Berikut ini beberapa kandungan zat yang perlu Bunda ketahui ada dalam susu formula dan manfaat zat tersebut bagi tubuh si kecil. Sehingga akan membantu Bunda untuk memilih susu formula yang tepat.

  1. Zat probiotik

Zat probiotik ini dibutuhkan anak ketika berumur 2 tahun. Hal ini dikarenakan anak pada usia tersebut sudah lebih banyak memakan makanan padat dan juga mulai memasukkan benda-benda yang dipegang ke dalam mulut. Sehingga si kecil akan sangat rentan pada bakteri dan virus. Cara memilih susu formula untuk anak yang tepat adalah dengan adanya kandungan probiotik ini. Namun menurut para ahli adanya kandungan probiotik dalam susu formula dirasa sia-sia. Mengapa demikian? Sebab berdasarkan aturan WHO pembuatan susu formula bubuk haru menggunakan air panas 700C agar kuman E-Sakazakii mati. Namun suhu panas ini justru merusak kandungan probiotik.

Tapi Bunda tidak perlu khawatir, karena probiotik yang dibutuhkan si kecil bisa didapatkan melalui pemberian yoghurt. Jika buah hati masih berusia di bawah setahun maka Bunda bisa memberikan yoghurt khusus untuk bayi. Banyak dijual di pasaran, Bunda.

  1. Vitamin D

Mengapa harus vitamin D? sebab vitamin D akan membantu penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang serta mencegah penyakit autoimun, kardiovaskuler, serta pernapasan pada anak.

  1. Zat besi (Fe)

Zat besi merupakan salah satu zat yang dibutuhkan si kecil untuk pembentukan hemoglobin sebagai pembawa oksigen ke otak dan seluruh bagian tubuh. Maka Bunda harus memperhatikan cara memilih susu formula untuk anak dengan kandungan zat besi ini. Sebab adanya kekurangan zat besi pada anak akan menyebabkan gangguan keterampilan fisik dan mental serta anemia pada anak.

  1. AA dan DHA

Bunda, cara memilih susu formula untuk anak itu butuh kecermatan. Maka perlu perhatikan kandungan susu formula seperti adanya AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) yang mana sangat baik bagi bayi. Sebab kedua asam lemak tersebut mempunyai manfaat dalam membantu perkembangan fungsi penglihatan dan perkembangan otak si kecil.

  1. Taurin

Cara memilih susu formula untuk anak yang tepat adalah melihat kandungan nutrisinya, termasuk mengetahui ada tidaknya taurin dalam sufor. Taurin pada susu formula dimaksudkan untuk menaikkan absorbsi lemak serta mendukung perkembangan otak si kecil.

  1. Nukleotida

Nukleotida memiliki fungsi dalam pembentukan sel-sel tubuh terutama pada sistem imun serta memaksimalkan metabolisme tubuh. Maka nukleotida ditambahkan pada susu formula sebab pada susu sapi hanya terdapat sedikit nukleotida dibandingkan pada ASI.

Cara Memilih Susu Formula untuk Anak yang Tepat

Setelah Bunda tahu betapa pentingnya ASI dan beberapa kandungan dalam susu formula yang baik. Maka Bunda harus tahu dua cara memilih susu formula untuk anak yang tepat berikut ini.

  1. Menyesuaikan dengan usia si kecil

Cara memilih susu formula untuk anak yang benar adalah disesuaikan dengan umur si kecil. Sebab organ pencernaan bayi masih sangat rentan dan sensitif sehingga tidak boleh dipaksa untuk melakukan kerja keras dalam mencerna makanan yang masuk. Bayi usia di bawah setahun juga sangat tidak dianjurkan untuk diberi susu sapi segar karena kadar protein, natrium, dan elektrolitnya sangat tinggi sehingga akan membahayakan organ cernanya.

  1. Melihat kemasan dan tanggal kadaluwarsa susu formula

Bunda harus cermat melihat kemasan susu formula. Cara memilih susu formula untuk anak harus perhatikan kemasan susu yang masih utuh dan segel tidak rusak. Selain itu pastikan tanggal kadaluawarsanya. Jika sudah mendekati tanggal kadaluwarsa, sebaiknya Bunda hindari untuk membelinya.

Selain cara memilih susu formula untuk anak di atas, Bunda sebaiknya juga memperhatikan beberapa hal ini ya. Ketika bubuk susu menggumpal, berbau tengik atau apek, dan warnanya berubah maka sebaiknya tidak melanjutkan untuk menggunakannya. Selain itu, saran buat Bunda untuk tidak meminumkan susu formula yang sudah larut air selama dua jam pada si kecil. Jika membuat susu formula sesuaikan dengan takaran dan segera habiskan.

Demikian artikel yang berisi uraian mengenai kandungan susu formula serta cara memilih susu formula untuk anak. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Bunda semua :)