Begini Cara Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Bermain adalah aktivitas yang utama bagi anak, bahkan di saat inilah si kecil akan mengembangkan kemampuannya dalam rangka pertumbuhannya. Maka dari itu kita tidak bisa melarang anak untuk bermain, apalagi saat ia masih balita.

Bermain merupakan fase anak untuk belajar sekaligus melatih kemampuan motorik dan kepintarannya. Tapi Bunda, kita juga harus pintar-pintar memilih mainan untuk si kecil. Kita tidak bisa memberikan mainan yang hanya sekedar menawarkan kesenangan semata tapi kita juga wajib untuk memberikan mainan yang dapat membantu si kecil dalam melatih dan menambah kepintarannya.

Mainan apa yang paling aman dan sekaligus mendidik untuk anak?

Sampai saat ini, mainan kayu adalah pilihan yang paling baik untuk anak, karena selain aman mainan kayu juga tersedia dalam berbagai macam dan yang paling penting mainan kayu sangat membantu dalam edukasi si kecil.

Sebagai orangtua yang harus perhatian pada anak, tentu kita bertanya-tanya, apa sih kelebihan mainan kayu? Selain terbuat dari material yang tidak membahayakan si kecil?

Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

Nah, Bunda ada banyak alasan kenapa kita memilih mainan kayu untuk anak, apa saja Bun?

  • Mainan kayu terdiri dari banyak jenis dan model tapi mainan yang terbuat dari bahan kayu memiliki sifat yang cenderung lebih tahan alias awet sehingga kita bisa menekan budget yang bisa membantu kita menyimpan dana untuk masa depan si kecil. Pasalnya, mainan kayu cenderung tidak mudah rusak meski si kecil melempar dan membantingnya
  • Sifatnya yang awet membuat mainan kayu bisa menjadi mainan untuk adik si kecil sehingga kita tidak perlu repot untuk mengeluarkan uang demi membeli mainan baru untuk si adik.
  • Membantu anak untuk jadi imajinatif sehingga baik untuk mendorong pertumbuhan otaknya, selain itu mainan kayu juga dapat membantu melatih pergerakan tubuh anak.

Ya, Bunda mainan kayu adalah mainan yang edukatif bagi anak karena mainan kayu memberikan stimulasi yang penting untuk si kecil. Mulai dari melatih kemampuan fisik, membantu perkembangan motorik anak, melatih kemampuan kognitif pada anak, melatih keberanian anak dan juga membantu meningkatkan kemampuan psikososialnya. Nah, seperti apa sih manfaat mainan edukasi yang terbuat dari kayu untuk anak?

  • Membantu melatih konsentrasi

Mainan edukasi bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak termasuk pada kemampuan otaknya. Mainan edukasi sangat baik untuk melatih konsentrasi si kecil, misalnya saja saat ia menyusun puzzle kayu yang menuntutnya harus fokus dan belajar untuk menyusun puzzle.

  • Membantu melatih motorik anak

Selain kemampuan otak tujuan dari mainan edukasi untuk anak juga membantu melatih motorik si kecil, baik itu kemampuan motorik halus maupun kasar dengan melatih anak untuk mengambil, meraba, merasa, memegang mainannya dengan tangan dan jari-jarinya hingga menganggkat, melempar dan menangkap mainan. Nah, disinilah keunggulan mainan kayu karena terbuat dari kayu yang aman tentu kita tidak harus khawatir saat ia memegang mainannya

  • Membantu memperkenalkan bentuk dan warna pada anak

Mainan edukasi seperti mainan kayu punya bentuk dan warna yang sangat beragam. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk si kecil Bunda karena dengan mainan yang Bunda berikan si kecil jadi bisa belajar mengenal bentuk dan warna. Mulai dari bentuk kota, tabung, segitiga yang terdiri dari bermacam-macam warna.

  • Membantu memperkenalkan sebab-akibat

Saat si kecil di berikan mainan benda yang besar dan kecil yang biasanya memiliki beberapa lubang secara tidak langsung kita telah mengajarkan anak mengenai konsep sebab akibat yaitu benda yang lebih kecil bisa masuk atau muat di dalam benda yang lebih besar sementara sebaliknya tidak. Ini tentu sebagai pembelajaran penting untuk anak.

Bunda, itulah manfaat mainan edukasi yang terbuat dari bahan kayu untuk anak, tertarik untuk memilihkannya si kecil? Tunggu dulu Bun, meski bermanfaat yang punya banyak kelebihan kita juga wajib untuk memperhatikannya dengan detail.

Nah Bun, begini cara memilih mainan yang aman untuk anak khususnya mainan kayu, apa saja yang harus Bunda perhatikan?

Pilih yang Berlabel SNI

Pemerintah kita telah menerapkan standar tertentu yang telah diuji yaitu Standar Nasional Indonesia. Nah, saat memilih Bunda sebaiknya memilih mainan kayu yang punya label SNI karena mainan ini telah dipastikan aman karena sudah lolos uji inspeksi yang ketat. Rasa aman untuk si kecil itu penting kan Bun?

Pilih Mainan yang Sesuai Usianya

Mainan kayu terbagi dalam beberapa kelompok yang sesuai dengan usia si kecil. Untuk itu pastikan Bunda memilih mainan yang sesuai dengan usia si kecil seperti puzzle, mainan yang berbentuk huruf, angka dan tidak berbentuk runcing yang berbahaya bagi si kecil.

Perhatikan Label Mainan

Tidak semua mainan kayu aman, apalagi jika mainan tersebut tidak memiliki label SNI dan label yang mencantumkan bahan-bahan yang dipakai saat pembuatan. Meski ini terkesan enteng tapi jangan salah pelabelan pada mainan itu sangat penting untuk Bunda perhatikan. Mainan yang aman pastinya tidak mengandung bahan yang berbahaya, untuk itu baca baik-baik ya Bun.

Pastikan Bunda memilih mainan yang tidak mengandung racun, kayu umumnya memang gak beracun Bun tapi bahan-bahan yang digunakan saat pembuatan seperti cat bisa menjadi sumber racun bagi si kecil. Hal ini pasti sangat berbahaya untuk kesehatan anak bukan? Bagaimana mengetahui cat yang berbahaya? Cara yang paling mudah adalah dengan mencium bau catnya. Jika catnya berbau menyengat maka besar kemungkinan cat tersebut mengandung zat berbahaya.

Nah, itulah beberapa cara memilih mainan kayu yang aman untuk anak semoga bermanfaat ya Bunda :)