Cara Membuat Tampilan Makanan yang Menarik untuk Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Fase tumbuh kembang anak harus mendapat dukungan yang penuh dari orangtua, hal ini jelas agar fase pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan maksimal.

Ya Bun, Bunda sebagai orangtua memiliki peran yang sangat besar, tidak hanya untuk menjaga dan membesarkannya penuh cinta tapi Bunda juga sangat berperan terhadap kesehatannya, pertumbuhan fisiknya hingga perkembangan kemampuannya. Seperti itulah peran orangtua yang sebenarnya.

Bunda sendiri pastinya sudah tahu jika anak membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya, jika si kecil tidak mendapatkan itu maka fase tumbuh kembangnya pun akan terganggu yang mana Bunda pasti tidak mau itu terjadi pada si kecil. Nah, untuk itu sangat penting agar Bunda bisa menaruh perhatian khusus pada menu makanan si kecil. Pastikan selain menunjangnya dengan ASI (untuk anak yang masih menyusui) Bunda juga memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi, karena dari situlah ia bisa mendapatkan kebutuhan gizi dan nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Makanan yang Menarik untuk Anak

Namun, umumnya tidak sedikit Ibu bahkan mungkin salah satunya adalah Bunda yang mengeluh dan khawatir saat si kecil justru mengalami masalah susah makan. Anak Bunda susah makan? Pasti Bunda khawatir kan, terlebih lagi si kecil sangat membutuhkan nutrisi dan gizi untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya, baik itu secara fisik maupun psikis.

Bun, sebenarnya ada banyak penyebab anak jadi sulit makan, karena sakit, tidak sesuai selera atau karena makanan yang disajikan pada si kecil tidak menarik.

Jika si kecil sakit seperti sakit flu, pilek atau demam pasti ia jadi sulit makan, untuk mengatasinya cara terbaik yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memeriksakannya ke dokter. Selain itu Bunda juga bisa mengenali menu makanan kesukaan si kecil dan yang terakhir adalah menyajikan hidangan yang menarik.

Makanan yang disajikan secara menarik menjadi cara yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah anak yang sulit makan. Pasalnya makanan yang menarik cenderung lebih mudah untuk dikenali si kecil, karena rasa penasarannya yang tinggi dan kesukaannya dengan warna yang ramai mampu membantu imajinasinya dan juga meningkatkan nafsu makannya. Nah, bagaimana caranya membuat makanan menarik untuk anak?

Hadirkan Suasana yang Menyenangkan

Menyajikan makanan menarik untuk anak sebenarnya tidak sulit. Nah, Bunda bisa memulainya dengan menghadirkan suasana yang menyenangkan saat waktu makan tiba.

Sudah jadi rahasia umum jika kebanyakan orangtua karena khawatir dan emosi cenderung membuat waktu makan jadi menakutkan. Salah satunya adalah sering memaksa anak untuk makan, padahal cara tersebut sama sekali tidak efektif bahkan cenderung bisa membuat anak jadi agresif.

Bun, menghadirkan suasana yang menyenangkan saat makan tidaklah sulit. Bunda bisa berkerasi dengan tampilan di meja makan atau menghadirkan suasana baru di waktu makan. Seperti mengajak si kecil untuk makan di taman belakang rumah, yang mana tentu sangat menyenangkan.

Berikan Menu yang Bervariasi

Salah satu penyebab anak jadi sulit makan adalah menu makanan yang monoton, dalam artian menu makanan yang itu-itu saja. Bunda memang ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi tinggi, sehingga penting untuk diberikan pada si kecil. Tapi di usianya seperti saat ini, anak cenderung mudah bosan.

Nah, hal tersebutlah yang bisa membuatnya jadi malas makan. Untuk itu sebaiknya Bunda menyajikan menu makanan yang bervariasi. Tidak hanya dari segi bahan tapi juga cara pengolahan hingga cara penyajiannya.

Bunda bingung bagaimana membuat tampilan makanan yang menarik untuk anak? Tenang, ada beberapa masukan yang mungkin bisa Bunda berikan pada si kecil, antara lain:

  • Makanan Berbentuk Kelinci

Bunda bisa menyajikan menu makanan dari hewan lucu seperti kelinci. Tapi bukan dari daging kelinci ya, melainkan hanya menjiplak bentuknya, seperti menyajikan roti berbentuk kelinci. Bahan-bahannya pun sangat sederhana Bun, Bunda hanya perlu menyediakan roti, apel, buncis, keju dan sayuran hijau. Bunda bisa memotong-motong kecil setiap bahannya dan dijadikan seperti mata, hidung, mulut dan telinga kelinci. Lucu dan menarik tentunya :)

  • Makanan Berbentuk Anak Ayam

Bagi si kecil, anak ayam menjadi hewan yang cukup menarik perhatiannya. Karena bentuknya yang berwarna kuning dan ukurannya yang kecil. Nah, Bunda juga bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menyajikan menu makanan yang menarik bagi anak. Tidak sulit kok Bun membuatnya, Bunda hanya memerlukan sayuran hijau, roti, keju atau menggantinya dengan telur nasi putih atau nasi merah, yang terpenting bagaimana Bunda bisa menyajikannya seperti bentuk anak ayam yang lucu.

  • Makanan Berbentuk Jamur

Jamur yang penuh warna juga bisa menjadi kreasi menu makanan yang menarik untuk anak. Bunda bisa memanfaatkan roti, tomat, sayuran hijau, jagung, seledri atau nugget untuk dijadikan sebagai menu makanan sehat yang menarik.

  • Makanan Berbentuk Tikus yang Lucu

Bagi Bunda, hewan tikus pasti menjadi hewan kecil yang menjijikkan, bahkan membawa penyakit. Namun bagi anak tikus yang melekat dengan salah satu tokoh kartun sebenarnya sangat menarik. Nah, hal tersebut juga bisa Bunda jadikan sebagai variasi pada menu makanan si kecil dengan memanfaatkan telur, wortel, sayuran hijau atau roti dan nasi.

  • Makanan Berbentuk Kupu-Kupu

Hewan kupu-kupu juga bisa menjadi pilihan yang menarik Bun. Pasalnya kupu-kupu memang memiliki bentuk dan warna yang menarik bagi si kecil. Untuk menyajikannya Bunda bisa menggunakan sayuran, keju, tomat, telur atau daging.

Sebenarnya apapun bentuknya yang paling penting adalah kandungannya. Nah, semoga membantu ya dan selamat berkreasi Bun :)