Begini Pentingnya Daya Tahan Tubuh Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Setiap orangtua tentu akan merasa sakit kala si kecil sedang terbaring lemah karena mengalami gangguan kesehatan. Perasan Bunda pastinya akan ikut merasakan kesedihan saat Anak tercinta sedang sakit, ya nggak Bun?

Kesehatan keluarga apalagi Anak merupakan hal yang sangat penting, saat Anak sakit sebagai Ibu kita tentu akan merasakan hal yang sama, kita bahkan tidak bisa melihatnya seperti itu kan Bunda? Hati mana yang tahan jika si kecil sakit?

Nah, Bunda maka dari itu mulai dari sekarang sangat penting untuk menjaga kesehatan si kecil agar ia tubuh sehat dan selalu ceria. Menjaga kesehatan Anak itu tidak sulit kok Bun, bahkan kita sudah bisa memulainya sejak ia masih berada di dalam kandungan yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat selama hamil agar daya tahan tubuh si kecil dapat berkembang maksimal. Jika daya tahan tubuhnya lemah maka si kecil pun jadi gampang sakit.

Daya tahan tubuh atau yang biasa disebut dengan sistem imun merupakan sistem alami yang ada di dalam tubuh, hal tersebutlah yang akan membuat setiap orang selalu sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Ya, Bunda bisa dibilang jika daya tahan tubuh Anak itu sangat penting, terlebih lagi dia masih dalam tahap pertumbuhan yang mana setiap organnya termasuk pula sistem imunnya masih belum dapat berkembang maksimal. Jika daya tahan tubuh si kecil tidak di jaga maka ia jadi gampang sakit. Jangan lupa Bun, bakteri atau virus bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Seperti apa sih pentingnya imun pada Anak?

daya tahan tubuh

Mencegah Anak Sakit

Pada intinya daya tahan tubuh Anak maupun kekebalan tubuh merupakan hal penting untuk mencegah penyakit. Pasalnya sistem imun memiliki peran dan tugas yang penting bagi kesehatan yaitu memberikan perlindungan dari berbagai macam hal seperti virus, bakteri atau infeksi berupa sel atau organisme yang berasal dari luar tubuh yang bisa menimbulkan penyakit. Saat daya tahan tubuh melemah maka secara otomatis kekuatan tubuh untuk melindungi dari virus atau bakteri pun lemah dan saat itu terjadi Bun, bakteri dan virus pun jadi lebih mudah masuk bahkan tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.

Saat mikroorganisme masuk ke dalam tubuh, imun akan membentuk antibodi dengan cepat untuk mencegah mikroorganisme tersebut masuk dan menyebar ke tubuh untuk menghindari efek penyakit yang ditimbulkan. Nah, sebagaimana yang disebut di atas Anak-Anak sendiri belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna sehingga si kecil pun kadang jadi lebih mudah terserang penyakit.

Lantas apakah ada cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anak biar dia tidak gampang sakit? Tentu ada Bun, apa saja yang kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil?

Berikan ASI Secara Ekslusif

Bunda ASI adalah asupan yang super bagi Anak, karena ASI adalah makanan untuk Anak yang memiliki kandungan lengkah yang sangat bermanfaat. Pemberian ASI secara eksklusif yaitu 0 sampai 6 bulan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anak.

Imunisasi

Tubuh secara alami memang dapat membentuk antiobodi, namun untuk merangsang pembentukannya maka tubuh membutuhkan vaksinasi. Bunda, inilah pentingnya imunisasi baik itu imunisasi aktif yaitu memberikan kuman atau racun kuman yang telah dilemahkan untuk mempercepat pembentukan antibody, begitu pula dengan imunisasi pasif yang berupa antibodi untuk meningkatkan kadar daya tahan tubuh Anak.

Berikan Istirahat yang Cukup

Pastinya Bunda akan sangat bahagia melihat si kecil bermain dengan aktif dan lincah bukan? Tapi meski begitu Bun, jangan lupa pentingnya waktu istirahat untuk si kecil. Karena beristirahat juga menjadi bagian penting dalam pembentukan sistem imun Anak. Nah, seberapa banyak waktu tidur yang tepat untuk Anak? Untuk anak yang berusia 3 sampai 12 tahun waktu tidur atau waktu istirahat yang tepat adalah 10 jam setiap harinya.

Berikan Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuhnya

Meningkatkan kekebalan tubuh Anak juga bisa dilakukan dengan memberikannya menu makanan sehat yang membantu pembentukan daya tahan tubuhnya. Apa saja makanan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anak?

  • Ikan dan telur adalah makanan sehat yang memiliki kandungan seng yang meningkatkan pertumbuhan anak serta memperkuat daya tahan tubuh Anak.
  • Susu kedelai juga baik untuk kekebalan tubuhnya karena susu kedelai mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan sistem imun Anak.
  • Makanan yang mengandung vitamin C seperti sayuran segar dan buah-buahan.
  • Yogurt dan madu juga sangat baik untuk Bunda berikan pada si kecil. Prebiotik yang terdapat dalam yogurt serta sumber protein dari madu sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anak.

Jaga Lingkungannya

Kita selalu khawatir saat Anak bermain di lingkungan sekitar, apalagi kalau bukan dengan bakteri dan virus yang bisa saja menjangkitinya. Tapi ternyata Bun, membiarkan Anak bermain kotor-kotoran ternyata termasuk cara yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anak. Pasalnya bakteri atau patogen yang masuk ke dalam tubuh akan membantu melatih imun untuk memeranginya.

Tapi meski begitu, sebaiknya hindari Anak dari paparan polusi udara mulai dari asap hasil pembakaran atau pun asap dari bahan kimia berbahaya.

Berikan Kesenangan dan Kebahagiaan pada Anak

Bunda, pengaruh psikis juga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Nah, untuk itu sangat penting agar memberikan kesenangan dan kebahagiaan pada Anak. Saat dia senang dan bahagia maka secara alami tubuh akan meningkatkan produksi sel alami yang berperan untuk meningkatkan sistem imun Anak.

Nah, Bunda sudah tahu kan pentingnya daya tahan tubuh bagi si kecil? Semoga bermanfaat ya Bun :)