Ini Alasan Mengapa Bunda Perlu Belajar Banyak Tentang Perawatan Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Merawat anak sendiri sepertinya tidak memerlukan alasan lagi ya Bun. Ini adalah keharusan atau kewajiban bagi Bunda sebagai orang tua, serta tentunya menjadi proses pembelajaran yang akan Bunda dapatkan. Merawat anak untuk bisa mendapatkan tumbuh kembang yang optimal tidak terlalu sulit kok Bun. Bunda, hanya perlu mengetahui apa saja kebutuhan serta formula yang tepat dalam mengontrol semua tumbuh kembang anak. Nah, di bawah ini ada beberapa hal tentang perawatan anak yang mungkin dapat membantu Bunda merawat anak agar tumbuh secara optimal.

Bunda Perlu Belajar Banyak Tentang Perawatan Anak

1. Mengetahui Tumbuh Kembang Anak

Yang perlu Bunda ketahui jika Bunda merawat anak sendiri, adalah mempelajari tentang tumbuh kembang pada anak. Pada tumbuh kembang optimal pada anak, ada 2 faktor yang bisa saja mempengaruhinya dalam prosesnya tersebut, yaitu :

  • Faktor dari dalam tubuh anak, yang berkaitan dengan segala hal yang berhubungan dengan kondisi bawaan atau genetik yang diperoleh anak sejak lahir dari kedua orang tuanya.
  • Faktor dari luar, yang berkaitan dengan faktor keluarga, gizi yang dikonsumsinya, dan beberapa pengaruh tumbuh kembang dari faktor luar lainnya.

Itulah dua faktor yang bisa saja mempengaruhi tumbuh kembang pada anak, yang penting untuk Bunda pelajari dan ketahui sejak dini. Mempelajari mengenai faktor tersebut, tentunya bisa memberikan pelajaran bagi Bunda agar anak bisa melewati faktor-faktor tersebut dengan baik, sehingga tumbuh kembangnya tetap optimal. Dalam melakukan hal tersebut, tentunya Bunda memerlukan alat pengontrol untuk memanajemen hal tersebut. Jika, Bunda berkonsultasi pada dokter, mungkin Bunda akan diarahkan untuk membuat sebuah catatan dalam mengontrol hal tersebut. Catatan tersebut bisa berupa KMS (Kartu Menuju Sehat), yang mana di dalamnya telah berisi hal-hal penting yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak seperti di bawah ini:

  1. Alat atau media untuk membuat catatan serta memantau riwayat kesehatan anak sejak usia bayi dengan lengkap, yang meliputi – Tumbuh kembangnya, Jadwal imunisasi, Serta Pemberian Nutrisi (Vitamin) dan atau Makanan Pendampi ASI (MPASI) untuk balita
  2. Dapat dimanfaatkan sebagai saran pembelajaran bagi Bunda dalam mengontrol kesehatan anak.
  3. Dokter akan lebih mudah dalam menganalisa tumbuh kembang serta permasalahan pada anak Bunda jika melakukan pemeriksaan.

Serta masih banyak lagi fungsi lainnya dari sebuah catatan atau kartu kontrol seperti KMS tersebut.

2. Mengetahui Asupan Nutrisi Yang Baik Untuk Anak

Asupan nutrisi dan gizi yang baik sangatlah diperlukan dalam menunjang pertumbuhan dan juga perkembangan pada anak. Ini sangatlah penting untuk Bunda ketahui saat merawat anak. Fase pertumbuhan pada anak tentunya memerlukan asupan gizi atau nutrisi yang juga berbeda-beda yang disesuaikan pula dengan usianya. Jika, Bunda memberikan asupan gizi yang baik sesuai dengan fase pertumbuhannya, tentunya anak-anak Bunda akan tumbuh dengan optimal. Namun, jika hal tersebut tidak terpenuhi dengan optimal, yang akan terjadi tentunya adalah sebaliknya Bun. Anak bisa mengalami kekurangan gizi yang membuat pertumbuhan anak menjadi lambat. Dampak dari tumbuh kembang yang tidak optimal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi fisik serta mental dan juga kecerdasan anak-anak Bunda. Jadi, pastikan Bunda mengetahui bagaimana cara merawat anak dengan asupan nutrisi yang baik setiap harinya, untuk menunjang tumbuh kembangnya.

3. Mengetahui Tentang Pelayanan Kesehatan Yang Baik Dan Benar

Jika anak Bunda terserang penyakit, maka Bunda akan dengan mudah untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan kemana harus membawa anak. Inilah pentingnya Bunda mengetahui alasan merawat anak yang baik dan benar. Bukan hanya itu saja, Bunda juga bisa mengetahui kapan anak Bunda harus mendapatkan vaksin atau imunisasi umum, agar anak Bunda terhindar dari berbagai penyakit. Jika, Bunda tidak mengetahui apa saja imunisasi yang harus diberikan pada anak, bisa-bisa anak Bunda mengalami banyak gangguan kesehatan dalam masa pertumbuhannya. Salah satu contoh vaksin atau imunisasi yang bisa Bunda lakukan yaitu cacar, yang tentunya akan sangat mengganggu ketika anak sudah dewasa nantinya. Dan masih banyak lagi vaksin-vaksin lainnya yang perlu Bunda ketahui antara lain :

  1. Vaksin BCG : Agar anak terhindar dari penyakit TBC (Tuberkulosis)
  2. Vaksin Polio : Agar anak tumbuh tanpa terserang penyakit polio.
  3. Vaksin DPT : Agar anak tidak terkena Difteri, Pertusis, dan juga Tetanus.
  4. Vaksin Hapetitis B : Agar anak terhindar dari penyakit Hepatitis B.
  5. Vaksin Campak : Agar terhindar dari penyakit campak.

Nah, dengan mengetahui jenis vaksin atau imunisasi tersebut, tentunya anak Bunda bisa tumbuh secara optimal dan sehat.

4. Pemberian Vitamin

Seperti yang diketahui bahwa vitamin memang sangat penting untuk tubuh dan bukan untuk anak-anak saja. Akan tetapi, untuk anak-anak pemberian vitamin ini haruslah diberikan dengan lebih baik, agar anak bisa mendapatkan tumbuh kembang dengan optimal. Ada berbagai macam vitamin yang baik digunakan untuk anak, dan untuk mendapatkan vitamin tersebut tidaklah sulit. Karena, beberapa bahan makanan sehari-hari juga terdapat vitamin. Hanya saja, jumlah vitamin yang ada di dalam bahan makanan tersebut tentunya belum mencukupi kebutuhan sehari-hari untuk anak. Untuk itu, Bunda bisa memberikan tambahan vitamin berupa suplemen sesuai dengan usianya. Untuk jumlah vitamin yang bisa diberikan pada anak, bisa Bunda tanyakan pada dokter anak, yang pastinya akan lebih dijelaskan secara lebih jelas bahkan berdasarkan usia anak.

Beberapa hal di atas merupakan jawaban kenapa merawat anak itu penting untuk Bunda ketahui. Bunda jangan asal memberikan anak asupan makanan saja setiap hari tanpa mengetahui kadar gizinya. Bunda, juga bisa mengetahui bagaimana proses tumbuh kembang, serta lebih mengetahui menangani penyakit yang menyerang anak Bunda. Semoga informasi di atas bermanfaat ya Bun :)