Ini Bahaya Susu Formula Yang Perlu Bunda Tahu

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Asumsi masyarakat bahwa susu formula merupakan susu yang baik untuk anak karena mengandung zat yang nggak ada pada ASI adalah sebuah asumsi yang salah besar. Para ilmuan sudah secara tegas dan jelas mengakui ASI sebagai susu murni yang lebih unggul dibandingkan dengan susu formula. Bahkan nggak ada sejarah ilmiahnya pengakuan yang menyatakan kebalikannya. Organisasi internasional yaitu WHO bahkan sempat mengeluarkan panduan bahaya susu formula yang diberikan kepada anak.

Menurut aturan yang dicanangkan oleh pihak WHO yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia, kalau Bunda ingin membeli susu dengan label susu formula maka Bunda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter dan membelinya dengan menggunakan resep dari dokter tersebut. Menurut WHO pemasaran susu formula sebagai pengganti ASI merupakan suatu hal yang dilarang dan bahkan Indonesia sendiri pun juga memiliki peratuan yang sama yakni peraturan mengenai pemasaran susu formula sebagai pengganti ASI.

Tapi pada kenyataannya peraturan yang dibuat pada tahun 1997 tersebut nggak dijalankan sama sekali terbukti dengan maraknya iklan-iklan susu formula di TV dan media lain.

Bahaya Susu Formula

Berikut ini kami akan memberikan ulasan mengenai bahaya susu formula bagi si kecil:

  1. Bahaya Susu Formula Untuk Tumbuh Kembang Anak

Mams, pemberian susu formula memang nggak dibolehkan terlebih lagi kalau bayi masih berumur di bawah 6 bulan. Beberapa penelitian pun menyarankan untuk nggak mengganti ASI dengan dengan apapun demi tumbuh kembang sang buah hati. Keunggulan ASI dibandingkan dengan susu formula memang nggak bisa dibantahkan lagi, seperti misalnya perkembangan kecerdasan otak yang lebih baik, pertumbuhan fisik yang lebih sempurna dan juga tingkat kematangan emosional si kecil yang lebih baik dengan asupan ASI eksklusif yang Bunda berikan selama minimal 6 bulan. Dengan demikian bahaya susu formula bagi si kecil akan berdampak di masa yang akan datang.

  1. Lebih susah dicerna

Bahaya susu formula berikutnya adalah penjelasan dari seorang pakar enzim yang berasal dari Jepang bernama DR. Hiromi Sinya yang menyatakan bahwa betapa berbahaya susu formula yang terbuat dari susu sapi yang merupakan makanan terburuk yang paling sulit di cerna dibandingkan dengan makanan yang lain. Ini dikarenakan kafein yang terdapat dalam komposisi susu sapi akan menggumpal menjadi satu saat susu tersebut masuk ke lambung, dengan demikian lambung akan sulit untuk mencernanya dengan cepat. Apalagi kalau kita membeli susu formula yang beredar di toko-toko yang belum jelas komposisinya, bisa saja komponen susu formula tersebut sudah dihomogenisasi jadi menjadikan bahaya susu formula tersebut menjangkiti sang buah hati. Kandungan zat lemak teroksidasi yang terdapat dalam susu sapiĀ  dapat memicu adanya bakteri jahat yang akhirnya menghancurkan keseimbangan bakteri flora dalam usus tubuh si kecil. Kalau lingkungan usus terganggu maka racun-racun seperti hidrogen sulfida, radikal bebas dan juga amonia dapat dengan mudah diproduksi di dalam usus. Bahkan menurut beberapa penelitian yang terpercaya juga menyebutkan bahwa pemberian susu formula bukan hanya menyebabkan alergi saja tetapi juga mampu memicu penyakit leukimia dan diabetes pada anak.

  1. Meningkatkan bakteri Enterobacter Sakazaki

Anggapan Bunda yang salah dengan menganggap susu kemasan adalah susu yang sehat dan steril perlu diluruskan kembali. Dalam penelitian yang dicanangkan pada tahun 2002 oleh badan POM dari Amerika Serikat Food and Drug Administration menyebutkan bahwa bakteri yang disebut sebagai Enterobacter Sakazaki yang terdapat pada susu bayi mampu menyebabkan terjadinya infeksi yang luas di seluruh bagian tubuh bayi (sepsis). Selain itu bahaya susu formula ini juga dapat menyebabkan infeksi usus (enterocolitis), radang selaput otak (meningitis) dengan tingkat kefatalan mencapai 33 %. FDA juga secara tegas menyebutkan bahwa produk susu sapi bukanlah produk yang steril dan komersil. Dan setelah itu pada beberapa tahun kemudian Indonesia juga menemukan bahwa bahaya susu formula terdapat pada produk bermerk nggak luput dari kandungan bakteri sakazaki.

  1. Menyebabkan berbagai macam penyakit dengan cara memasak yang salah

Cara memasak susu sapi yang salah juga daat memicu bahaya susu formula yang lebih fatal lagi. Mams sudah terbiasa tentunya dengan cara memasak susu sapi dengan menuangkan air panas ke dalam botol berjenis plastik. Padahal mams, air panas yang digunakan untuk membuat susu tersebut dapat menjadikan pelepasan zat-zat kimia beracun yang terdapat dalam plastik. Hal ini dapat mengakibatkan adanya gangguan pada anak hingga menjadi autism, anak menjadi bodoh, dan terserang penyakit kanker. Untuk itu kalau Bunda terpaksa menggunakan susu formula pada anak sebaiknya Bunda meminta resep dari dokter terlebih dahulu dan mencampunya dengan air dingin terlebih dahulu sebelum ditambah dengan air panas.

  1. Susu formula yang mahal belum tentu cocok untuk anak

Susu formula yang dipasarkan dengan harga yang cukup mahal belum tentu mengandung gizi yang baik. Gangguan yang disebabkan oleh ketidakcocokan anak pada susu formula yang diberikan oleh Bunda akan berakibat fatal bagi kesehatan serta mental anak. Oleh karena itu seorang dokter Gizi medik asal Indonesia yakni dokter Saptawati Bardosono menyarankan agar meminta resep dokter terlebih dahulu mengenai susu formula apa yang cocok diberikan pada sang buah hati mengingat sistem imun setiap balita berbeda-beda.

  1. Menjadikan anak mudah merasa pegal

Sekarang ini bunda sering menjumpai anak kesayangan mengeluh dengan rasa pegal yang menyerang mereka bukan? Ini adalah salah satu bahaya susu formula yang nggak banyak diketahui oleh Bunda. Kadar kalsium yang terdapat dalam darah manusia berkisar sekitar 9-10 mg. Tapi saat diberikan susu sapi setiap harinya maka konsentrasi kalsium yang ada dalam darah menjadi meningkat. Peningkatan jumlah kalsium yang drastis akan menjadikan anak merasa pegal-pegal. Bahkan banyak diberbagai negara seperti Swedia, Amerika dan juga Finlandia mengalami kerusakan pada tulang panggul akibat dari bahaya susu formula yang dikonsumsi setiap hari.

  1. Mengandung bahan kimia

Kandungan AHA dan DHA yang terdapat pada susu formula merupakan bahan kimia sintesis yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mams pastinya sudah tahu bahaya bahan kimia kalau sampai masuk ke dalam tubuh si kecil.

  1. Memicu demensia

Kadar alumunium yang cukup tinggi pada susu formula sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mampu menyebabkan kerusakan tulang dan syaraf hingga menyebabkan potensi dimensia.

  1. Memicu gangguan pernafasan pada si kecil

Dalam sebuah penelitian oleh tim ahli medis di Arizona Amerika disebutkan bahwa bayi yang nggak mendapatkan ASI secara eksklusif dengan artian mengganti ASI dengan susu formula akan beresiko mengalami gangguan pernafasan lebih tinggi kalau dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan.

Tentang bahaya susu formula ini harus anda ketahui sejak dini. Bahaya susu formula ini bahkan dapat menyebabkan kematian bagi bayi yang memiliki kadar imunitas rendah.

Demikian ulasan mengenai beberapa bahaya susu formula yang harus mams ketahui. Mams memiliki anak yang sehat dan dapat tumbuh serta berkembang dengan baik merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Memberikan ASI ekslusif selama dua tahun atau minimal 6 bulan sangat disarankan bagi Bunda cantik di seluruh Indonesia. Semoga bermanfaat!