Ini Bahaya Obesitas untuk Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Banyak orangtua yang ingin anaknya tumbuh sehat dan gemuk, karena tubuh gemuk kerap menjadi lambang jika si kecil tumbuh maksimal. Bahkan selain itu tubuh yang gemuk juga bisa membuat orangtua merasa bangga ketika banyak orang yang gemas dengan anaknya.

Bunda yang memiliki anak gemuk memang membawa kebanggan tersendiri. Tapi tunggu dulu, anak yang terlalu gemuk tidak selamanya sehat. Bahkan sebenarnya anak yang memiliki berat badan tidak sesuai dengan usianya adalah kondisi yang berbahaya.

Ya, tubuh yang gemuk bukan berarti sehat bahkan sebenarnya obesitas alias kegemukan itu adalah kondisi yang berbahaya apalagi bagi si kecil. Bagi orang dewasa saja, kegemukan sering disebut sebagai sumber penyakit apalagi bagi si kecil. Memang menyenangkan melihat anak yang tumbuh gemuk tapi tentu kita juga harus waspada akan bahaya yang bisa ditimbulkan oleh obesitas. Nah, Selain dapat membatasi gerak tubuh si kecil,

Bahaya Obesitas untuk Anak

Nah berikut ini resiko-resiko kesehatan yang diderita oleh anak obesitas:

Kebiasaan dan Pola Makannya Buruk

Masalah obesitas bisa disebabkan oleh faktor genetik, dalam artian anak menjadi obesitas itu karena orangtuanya juga mengalami obesitas. Namun, sekarang ini selain faktor gen penyebab obesitas pada anak telah banyak dipengaruhi oleh pola makan yang buruk.

Umumnya anak yang mengalami obesitas cenderung tidak bisa mengendalikan nafsu makannya. Bahkan tidak hanya selalu merasa lapar tapi ia juga selalu ingin makan banyak. Makan dalam jumlah yang sesuai usianya justru akan membuatnya merasa lapar. Nah, dengan pola seperti ini anak cenderung akan terbiasa dengan pola makan yang tidak sehat, sehingga ia akan jauh menimbun lemak lebih banyak hingga ia dewasa nantinya.

Harus Bunda sadari jika lemak yang tertimbun akan sangat mudah menyebabkan risiko penyakit. Selain dapat menghambat asupan darah dan oksigen yang tertekan karena timbunan lemak yang bisa membuat pertumbuhannya terganggu, anak juga dapat mengalami risiko penyakit mengerikan.

Gangguan pada Pernapasannya

Bunda, salah satu efek berbahaya yang terjadi akibat obesitas adalah gangguan pada pernapasan anak. Hal ini bisa disebabkan oleh penumpukan lemak di tubuh si kecil. Karena terlalu banyak yang tertimbun di bagian perut maka timbunan lemak akan menekan bagian paru-parunya sehingga mengakibatkan pernapasannya terganggu. Nah, coba Bunda perhatikan apakah si kecil mendengkur saat tidur? Apakah si kecil lebih mudah lelah dibanding anak seusianya? Itulah pengaruh yang disebabkan lemak yang tertimbun di dalam tubuhnya yang tidak hanya membuatnya kesulitan bernapas tapi juga menghambat aliran darah ke seluruh tubuh.

Sistem Kekebalan Tubuh yang Terganggu

Bisa dibilang jika penumpukan lemak di tubuh adalah sumber masalah bagi kesehatan. Pasalnya, lemak akan membatasi asupan yang dibutuhkan oleh setiap jaringan tubuh. Karena asupan nutrisi dan oksigen yang tidak maksimal maka seluruh kinerja tubuh juga jadi terbatas, salah satunya adalah kekebalan tubuh yang penting untuk menjaga si kecil dari penyakit.

Menyebabkan Penyakit Berbahaya

Bisa Bunda bayangkan jika kekebalan tubuh si kecil mengalami masalah? Tentu akan menyebabkan buah hati tercinta jadi mudah terserang penyakit. Tapi tunggu dulu Bun, selain itu anak yang obesitas juga sangat berisiko terjangkit berbagai jenis penyakit berbahaya, antara lain:

  • Gangguan kardiovaskular
  • Kanker
  • Asma
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Penyakit hati
  • Depresi
  • Gangguan otak

Pastinya Bunda tahu jika semua jenis penyakit tersebut berbahaya kan? Nah, bagaimana cara mencegah dan mengatasi obesitas pada anak yang berbahaya?

Cara Mencegah Anak Mengalami Obesitas

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah kunci utama untuk mendapatkan tubuh yang sehat pula. Nah, sebelum si kecil benar-benar mengalami obesitas maka sejak dini kita wajib untuk mengenalkan pola hidup sehat pada anak.

  • Kita mulai dari makanan ya Bun. Sangat penting untuk memberikan makanan yang sehat untuk anak. Mulai dari memberikannya susu rendah lemak dan memperkenalkannya dengan makanan sehat seperti daging, sayur dan buah. Hindari memberikan makanan cepat saji.
  • Biasakan untuk memberikan sarapan untuk si kecil dan membawakannya bekal. Ini sangat baik untuk memberikan asupan yang terkontrol bagi si kecil.
  • Ajarkan anak untuk makan di meja maka bukannya di depan tivi karena nonton tivi sambil makan justru salah satu faktor yang menyebabkan obesitas pada anak

Mengajak Si Kecil Beraktivitas

Meski anak mungkin cukup terbatas tidak ada salahnya untuk mengajak si kecil melakukan berbagai aktivitas. Mungkin Bunda akan bertanya, bukannya melakukan berbagai aktivitas apalagi di luar rumah berbahaya? Memang benar bahkan anak sangat mungkin digigit serangga saat beraktivitas di luar rumah. Tapi Bun, menggerakkan tubuh bagi anak adalah salah satu aktivitas yang penting. Ini akan sangat membantu fase pertumbuhannya.

Nah, sebagai tindakan pencegahan Bunda bisa mengajak si kecil beraktivitas sesuai dengan usianya. Untuk anak usia 1 sampai 3 tahun, berlari-lari, memanjat, melompat dan berbagai gerakan tubuh seperti memukul, menangkap, melempar bahkan berguling akan sangat baik untuk membantu tubuhnya membakar lemak. Sedangkan untuk anak yang berusia 3 sampai 5 tahun, naik sepeda adalah aktivitas yang sehat dan menyenangkan.

Lalu bagimana cara mengatasi obesitas pada anak?

Pola hidup sehat seperti yang telah kita bahas di atas sebenarnya tidak hanya dapat mencegah obesitas pada anak. Tapi pola hidup sehat juga bisa menjadi cara yang tepat untuk mengatasi obesitas pada anak. Ditambah dengan pemberian ASI serta pola makan yang tepat seperti memberikan makanan sehat sebelum anak benar-benar lapar adalah cara yang baik untuk mengatasi obesitas yang berbahaya bagi si kecil.

Satu lagi Bun, sangat penting agar Bunda juga bisa bersikap tegas pada si kecil untuk tidak selalu menuruti keinginannya terlebih lagi keinginannya terhadap makanan yang tidak sehat.

Nah, demikian dulu ya Bun semoga informasinya bermanfaat :)