Ini Daftar Bahan Makanan Protein Tinggi Untuk Anak

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Makanan dengan gizi dan protein yang tinggi sangat penting dalam menunjang tumbuh kembang anak loh Bun. Jika, kebutuhan gizi dan protein tersebut kurang terpenuhi, anak biasanya mengalami beberapa gangguan pada fisik dan mentalnya. Akibat dari hal tersebut tentunya bisa membuat anak-anak menjadi terhambat untuk pertumbuhan. Dan, jika hal tersebu terjadi pada anak Bunda, pasti Bunda sendiri kan yang repot lagi. Maka dari itu, penuhi kecukupan gizi dan protein anak sejak dini, agar tumbuh kembangnya kelak tetap normal.

Gizi dan protein tersebut bisa didapatkan dari asupan makanan sehari-hari. Ada beberapa daftar bahan makanan yang memiliki gizi serta protein yang tinggi, sehingga baik untuk anak, dan ini penting untuk Bunda ketahui. Agar anak nantinya tidak kekurangan atau salah dalam mengkonsumsi makanan tersebut. Nah, di bawah ini ada beberapa daftar makanan dengan protein yang tinggi untuk anak, catat ya Bun.

Bahan Makanan Protein Tinggi Untuk Anak

Bahan dari produk susu

Susu termasuk salah satu jenis bahan makanan yang memiliki asupan nutrisi yang penting untuk anak, dan juga cukup mudah untuk didapatkan. Berdasarkan penelitian yang kami dapatkan dari media berita kesehatan, susu ini ternyata memiliki jumlah 9 nutrisi, yang di dalamnya juga termasuk vitamin serta mineral yang meliputi kalsium, zink, dan juga kalium. Tahukah Bunda berapa takaran susu perhari yang baik dikonsumsi oleh anak-anak? Untuk menjaga kesehatan dari tulang anak dan juga matanya, maka Bunda harus memberikan 2 gelas susu setiap harinya.

Apa saja yang termasuk dalam produk susu ini?

Bahan makanan yang berasal dari olahan susu ini berupa keju, yang dimana berfungsi dalam membantu gigi serta tulang anak tetap kuat. Tapi, Bunda perlu juga membatasi konsumsi keju pada anak ya Bun. Jumlah keju yang banyak untuk anak bisa membuat berat badannya menjadi bertambah, yang dapat memicu obesitas pada anak.

Makanan laut

Beberapa makanan hasil laut juga memiliki protein yang sangat tinggi dan baik untuk tumbuh kembang anak, yang salah satunya adalah ikan. Indonesia termasuk dalam Negara kelautan, yang tentunya mendapatkan ikan bukanlah masalah bagi Negara kita. Jadi, mendapatkan ikan tentunya akan lebih mudah kan Bun? Di dalam ikan ini terdapat protein yang bernama Omega-3 asam lemak esensial. Fungsi dari protein tersebut adalah mencerdaskan otak anak loh Bun. Tapi, yang perlu Bunda ketahui adalah jenis ikan apa yang baik dikonsumsi anak, yang memiliki kandungan omega 3 tinggi tersebut. Ikan salmon adalah jenis ikan yang paling baik untuk dikonsumsi, dan juga kadar merkuri dari ikan salmon ini tidak banyak. Tapi perhatikan usia anak ya Bun, karena untuk anak yang masih berusia balita sebaiknya berikan ikan dalam keadaan yang benar-benar matang.

Telur

Bahan makanan selanjutnya yang mengandung banyak protein juga adalah telur. Protein yang terdapat di dalam telur ini dapat membuat otot anak terbangun dan juga menjadi kuat. Bukan hanya itu saja, telur juga berfungsi dalam pertumbuhan rambut agar tetap sehat. Akan tetapi, sebaiknya konsumsi telur ini jangan tiap hari diberikan pada anak ya Bun. Karena, telur memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, yang bisa membuat anak menjadi kelebihan berat badan.

Daging-dagingan

Untuk yang satu ini tentunya memang sangat disarankan sebagai makanan berprotein tinggi. Tapi, pilihan daging yang baik di sini adalah daging ayam yang tanpa kulit, atau daging dari kalkun yang rendah lemak. Bunda bisa berkreasi dengan menggunakan bahan makanan daging ayam ini seperti ayam bakso, nasi campur dengan daging ayam dan lain sebagainya, untuk menarik minat makan anak-anak.

Sayur dan Buah-buahan

Bahan makanan selanjutnya memiliki protein tinggi adalah sayur dan buah. Sumber makanan berprotein tinggi ini tidak hanya bisa didapatkan dari makanan hewani saja, akan tetapi dari nabati seperti sayuran dan buah ini juga bisa loh Bun. Bunda bisa memiliki sayuran berjenis bayam, brokoli, tomat, wortel,dan kecambah untuk konsumsi protein anak sehari-hari. Sedangkan untuk buah-buahan bisa Bunda pilih dari jenis pepaya, alpukat, jambu biji, mangga, jeruk dan juga stroberi sebagai penambah nutrisi harian untuk tumbuh kembang anak. Memberikan konsumsi sayur dan juga buah kepada anak, akan membantu menjaga keseimbangan berat badannya, serta mencegah masalah kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan anak.

Semua produk Padi-padian

Bahan makanan yang berupa padi-padian ini tentunya merupakan jenis makanan pokok bangsa kita. Bahan makanan yang meliputi padi-padian ini berupa nasi, roti dari gandum, dan jagung di mana semuanya mengandung sejumlah magnesium yang tinggi. Semua bahan makanan yang berasa dari padi-padian tersebut dapat memberi energi pada anak dalam beraktivitas sehari-hari, karena memang mengandung kadar karbohidrat yang tinggi. Porsi pemberian makanan dari padi-padian ini bisa Bunda berikan pada pagi hari untuk sarapannya. Dengan pemberian makanan berupa roti gandum atau nasi pada pagi hari sebelum ke sekolah ini, bisa membantu anak agar tidak kelelahan dan tetap fokus dalam mengikut pelajarannya, hingga menjelang makan siang nantinya.

Olahan dari bahan makanan di atas tersebut sangatlah membantu anak dalam meningkatkan tumbuh kembang serta kemampuan dari fisik dan mentalnya. Ini tentunya harus diberikan sejak dini, agar anak bisa mempersiapkan dengan baik segala kegiatan mereka selanjutnya. Anak dengan asupan nutrisi, gizi, dan protein yang baik makanannya tentunya akan selalu terlihat sehat, ceria, dan juga bahagia. Hal tersebut pastinya akan berpengaruh juga kepada Bunda dan Ayah, untuk membangun keluarga yang sehat.