Ketika Anak Tidak Mau Makan Cuma Minum Susu

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Salah satu yang membuat orang tua stres adalah ketika anak tidak mau makan cuma mau minum susu saja. Hal ini sangat sering terjadi dan jujur saja sangat menganggu pikiran. Kita jadi cemas jangan sampai si kecil jadi gampang sakit karena daya tahan tubuh anak yang lemah akibat kurang nutrisi.

Nah, kali ini Toko DiGi akan memberikan beberapa solusi bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau makan dan hanya mau minum susu. Cara mengatasinya sebenarnya mudah saja, tapi dibutuhkan kreatifitas dan utamanya adalah kesabaran dalam menjalani prosesnya.

Hal paling pertama yang perlu Bunda pahami adalah mengapa si kecil jadi tidak mau makan cuma mau minum susu. Untuk masalah penyebab anak susah makan sudah kami bahas panjang lebar di tulisan kami sebelumnya yang berjudul cara mengatasi anak susah makan. Untuk lebih jelasnya Bunda baca di sana tentang apa yang menyebabkan anak menjadi susah makan.

Salah satu penyebab anak susah makan di tulisan tersebut adalah karena anak merasa kegiatan makan sebagai kegiatan yang membosankan. Memang banyak anak yang makannya sampai berjam-jam karena makanannya diemut terus di dalam mulut. Bahkan ada yang makan sampai tertidur. Makanannya nggak ditelan-telan juga. Pasti rasa makanannya pun udah hilang dan jadi hambar (nggak enak). Nah, kombinasi dari semua kondisi ini yang sering bikin anak menjadi tidak mau makan dan cuma mau minum susu.

anak tidak mau makan cuma mau minum susuSebaliknya, minum susu adalah kegiatan yang menyenangkan dan hampir tidak ada masalah. Susu tidak harus dikunyah dan ditelan dengan susah payah. Tinggal ‘glek’ aja, beres deh. Apalagi susu ini sudah menjadi menu makanan utama si kecil waktu masih bayi, jadi dia sangat ‘setia’ pada susu ini. Susu juga memiliki kandungan yang bisa menenangkan. Perhatikan aja anak yang minum susu akan otomatis mencari posisi yang enak misalnya tiduran, duduk males-malesan dan sebagainya.

Tapi solusinya mudah saja…

Karena kita sudah tahu penyebab mengapa anak susah makan, yaitu karena anak merasa kegiatan makan sebagai kegiatan membosankan, maka solusinya adalah dengan menyulap kegiatan makan yang biasanya boring banget menjadi kegiatan yang seru!

Mungkin Bunda selama ini sudah berusaha setengah mati untuk membuat kegiatan makan menjadi seseru mungkin tapi tetap gagal? Mungkin Bunda bahkan udah main kejar-kejaran sama si kecil sambil nyuapin? Hasilnya anak┬ámuntah? Ya iyalah Bun, makan kok sambil kejar-kejaran sih hehehe….

Membuat kegiatan makan menjadi seru bukan berarti kita harus melakukan kegiatan fisik bersama si kecil. Kalau si kecil banyak bergerak ketika sedang makan, dikhawatirkan dia bakal memuntahkan makanan yang barusan diberikan. Jadi, walaupun tujuannya adalah membuat proses makan menjadi lebih seru, posisi tubuh ketika makan tetap disarankan untuk duduk yang manis sambil disuapi.

Nah, yang membuat proses makan menjadi lebih seru adalah perlengkapan makan bayi yang ‘bercerita’. Seperti kita semua tau, anak kecil (di usia berapa pun) senang sekali mendengar orang tuanya menceritakan sesuatu walaupun mereka belum ngerti. Mereka tertarik dengan suara yang nadanya bervariasi naik dan turunnya. Mereka tertarik dengan ekspresi wajah pembaca cerita. Nah, inilah celah yang bisa Bunda manfaatkan sebagai cara mengatasi anak yang tidak mau makan tapi cuma mau minum susu.

sendok makan bayi yang sehat

Ini adalah contoh sendok makan bayi yang sudah dimodifikasi menjadi pesawat. Sendok ini bisa Bunda buat sendiri di rumah. Sendok ini akan lebih menarik untuk anak dibandingkan dengan sendok biasa. Tentunya akan lebih maksimal bila dikombinasikan dengan piring makan bayi yang warna-warni supaya semakin meriah.

Bagaimana dengan sendok yang ada gambar-gambar kartunnya?

Kalau sendok dengan gambar-gambar kartun di gagangnya masih kurang menarik untuk anak. Mereka akan suka awalnya, tapi nggak lama kemudian akan bosan dengan gambar-gambar di sendok itu. Anak-anak lebih tertarik dengan sesuatu yang ‘berbentuk menyerupai sesuatu’.

Bunda bisa memodifikasi sendok makan si kecil. Nggak harus pesawat, bisa juga mobil-mobilan. Ikatkan saja mobil-mobilan si kecil ke sendok makan yang selama ini Bunda gunakan untuk menyuapi.

Lalu, apakah dengan menempelkan mainan ke sendok masalah jadi selesai?

Tentu saja nggak, Bun. Menempelkan mainan ke sendok barulah permulaan. Proses yang paling penting adalah ketika Bunda memainkan sendok tersebut ke dalam sebuah cerita. Ketika Bunda bercerita, masukkan kegiatan makan ke dalam cerita. Misalnya pesawatnya/mobilnya mau bawa oleh-oleh ke mulutnya si kecil, atau pesawatnya/mobilnya takut ditangkap masuk ke mulut si kecil. Jadinya si kecil malah makin semangat menangkap pesawat/mobil dengan mulutnya.

Trik ini sangat sederhana dan sangat sangat sangat efisien untuk mengatasi anak susah makan. Yang dibutuhkan adalah kreatifitas ibu dalam mengarang cerita. Ceritanya juga cerita sederhana saja Bun, nggak usah ngarang cerita seribet kisah Harry Potter. Si kecil juga nggak ngerti ntar, hehehe…

Yang kedua adalah dibutuhkan kesabaran. Masalah yang sering dihadapi adalah si kecil nggak tertarik untuk ikut aktif berperan dalam cerita yang Bunda kisahkan. Si kecil bisa aja pasif. Diem aja. Nah, kalau ini terjadi, Bunda harus bersabar. Itu bukan berarti metode ini tidak berhasil pada anak Bunda, melainkan mainan yang dilengketkan ke sendok perlu diganti. Mungkin dia kurang suka pesawat atau mobil-mobilan. Coba ganti dengan mainan lain misalnya boneka ikan kecil, boneka superhero kecil, dsb. Salah satu dari sekian jenis mainan itu akan berhasil menjalan misi mulia ini. :)

Demikian Bun tips sederhana yang bisa kami berikan. Masih banyak tips dan trik lain untuk mengatasi anak yang tidak mau makan cuma mau minum susu. Bila Bunda tertarik, silahkan membaca buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi Usia 0 Hingga 5 Tahun karya dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes. Beliau adalah dokter spesialis anak yang aktif memberikan tips-tips perawatan anak seperti ini.

Bukunya bisa didapatkan di TokoDiGi.com. Info selengkapnya tentang buku bu dokter Dyah silahkan klik di sini.

Semoga informasi ini bermanfaat. Titip peluk cium dari kami untuk si kecil.

Salam sehat!