Ini Alasan Kuat Kenapa Anak Harus Sering Makan Ikan

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Anak-anak Bunda di rumah lebih suka makan ikan atau ayam? Jika anak-anak Bunda lebih suka ikan itu berarti bagus. Namun, makan ayam juga bukan berarti tidak bagus. Hanya saja kandungan nutrisi di dalam ikan ini baik untuk tumbuh kembang anak, Bun.

Pada dasarnya kandungan nutrisi yang ada di dalam daging-dagingan seperti ayam, daging sapi, dan ikan itu sama saja yaitu vitamin, protein, lemak, dan juga mineral. Akan tetapi, yang membedakan beberapa kandungan tersebut adalah jumlahnya, komposisi, serta juga zat gizi yang terkandung.

Alasan Kuat Kenapa Anak Harus Sering Makan Ikan

Di dalam ikan ini terdapat protein tinggi yang bernama asam amino esensial yang cukup lengkap, serta cukup memudahkan tubuh anak dalam mencernanya. Kenapa protein ini penting? Untuk anak masa pertumbuhan adalah masa yang sangat penting dalam hidupnya. Nah, protein memegang peranan penting dalam mendukung masa pertumbuhan anak tersebut. Di dalam ikan juga teradapat kandungan lemak. Namun, kandungan lemak yang ada di dalam ikan ini berbeda dengan kandungan lemak yang ada di dalam hewan lainnya seperti pada daging sapi atau ayam. Karena, di dalam ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh, yang tidak akan menambah kolesterol tubuh anak.

Malahan lemak pada ikan ini sangatlah dicari. Kandungan lemak pada ikan ini dapat diubah menjadi minyak ikan, yang sangat bernilai tinggi, dan banyak dicari. Minyak ini sangatlah baik untuk tumbuh kembang anak. Minyak ikan  ini sangatlah erat kaitannya dengan kecerdasan  otak anak. Kandungan nutrisi Omega 3 yang dapat mencerdaskan otak anak tersebut antara lain EPA serta DHA. Fungsi dari DHA untuk anak ini adalah sebagai pengatur susunan jaringan  otak anak yang baik untuk pertumbuhan otaknya.

Bukan hanya itu saja kemampuan dari Omega 3 ini. Karena, Omega 3 ini juga baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, yang mencegah anak obesitas serta penyempitan pada pembuluh darahnya. Bunda bisa memilih ikan dengan daging yang berwarna merah segar. Karena, daging ikan yang berwarna  merah segar tersebut itulah tempat dari asam lemak tak jenuh berada.

Untuk jenis ikan yang baik untuk  dikonsumsi adalah dari jenis ikan laut, ya Bun. Karena, ikan laut memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap seperti Vitaman A, B dan D, serta mineral yang baik pula.  Mineral seperti selenium, yodium, kalsium, zat besi, dan juga zinc adalah kandungan  mineral yang menjadi andalan pada ikan-ikan laut.

Kandungan selenium dan juga zinc tersebut bisa membantuk dalam antioksidan dan juga dapat mencegah  kerusakan pada DNA yang dapat menyebabkan penuaan dini. Yodium bermanfaat dalam mencegah penyakit gondok, dan agar tulang anak tumbuh dengan baik, maka kandungan kalsium di dalam ikan ini akan bekerja dengan baik.

Usia berapa anak sudah bisa diberi konsumsi ikan?

Bunda bisa memperkenalkan olahan makanan ikan pada anak di usianya yang 8 bulan. Akan tetapi, Bunda sebaiknya  jangan  memberikan olahan makanan ikan dari ikan laut ya. Karena ikan di laut bisa dengan mudah menimbulkan alergi pada anak. Jadi, jenis ikan tawar bisa diberikan pada anak untuk perkenalannya. Jika anak Bunda sudah cukup besar, maka Bunda bisa memberikan 1 hingga 2 porsi ikan setiap harinya. Bunda, sebaiknya jangan memperkenalkan olahan makanan ikan mentah pada anak seperti sushi jika usianya  belum  mencapai 12 tahun. Walaupun memang kandungan asam lemak pada olahan sushi (Ikan tuna dan salmon mentah) ini cukup banyak, namun ini bisa saja terkontaminasi bakteri,  serta bahan kimia seperti merkuri yang berbahaya bagi tubuh anak.

Nah, setelah membaca penjelasan mengenai kandungan ikan di atas apakah  Bunda  masih ragu untuk memberi konsumsi anak-anaknya dengan olahan ikan? Anak yang masih membutuhkan banyak nutrisi dalam pertumbuhannya  ini  sangatlah baik untuk diberi konsumsi ikan. Apalagi jika Bunda ingin anaknya  nanti bisa tumbuh lebih cerdas, maka tentunya kandungan omega 3 ikan tersebut akan berperan cukup aktif. Dan, masih ada lagi beberapa manfaat lain ikan pada anak yang tentunya bisa memperkuat alasan Bunda untuk tetap memberi ikan pada makanan si kecil.

– Anak bisa tumbuh lebih cerdas

Untuk yang satu ini sudah cukup lengkap kami jelaskan pada beberapa paragraf di atas. Sebagai tambahan saja untuk Bunda yang sedang hamil juga bisa mengkonsumsi omega 3 ikan bisa berupa suplemen multivitamin, agar Bunda bisa memiliki bayi dengan kemampuan kognitif lebih baik. Bahkan, jika pemberian suplemen omega 3 ini Bunda lanjut pada anak seterusnya, maka kemampuan baca tulis anak akan lebih cepat dibanding anak lain seusianya.

– Anak bisa lebih fokus

Jika anak Bunda kurang fokus pada saat proses belajar mengajar di sekolah, itu berarti anak Bunda kekurangan kadar DHA dalam tubuhnya. Nah, DHA ini merupakan bagian dari Omega 3 yang juga banyak terkandung di dalam ikan. Jadi, semakin banyak anak Bunda diberi konsumsi ikan tiap harinya, maka anak akan lebih fokus saat di kelas. Kalau perlu, Bunda buatkan bekal makanan yang dengan olahan ikan.

– Membantu dalam meningkatkan penglihatan

DHA juga dapat membantu anak Bunda dalam mempertajam dan memperbaiki penglihatannya. Memberikan konsumsi ikan dengan kandungan DHA tinggi pada anak, akan membuat penglihatannya tidak mudah rusak hingga usia dewasa nantinya Bun.

– Menjaga daya tahan tubuh anak

Peranan penting lainnya omega 3 di dalam tubuh anak yang mengkonsumsi ikan ini adalah membuat tubuh anak tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Jadi, penting bagi Bunda untuk memberi anak-anak ikan sesering mungkin. Jika memang anak tidak menyukai ikan, maka Bunda bisa memberikan suplemen Omega 3 sebagai nutrisi yang memang dibutuhkan dari dalam ikan ini.