Bagaimana Cara Yang Tepat Untuk Mengatasi Kegemukan Pada Anak?

Assalamualaikum, Dok Saya mau bertanya nih

Amak Saya ini usianya sekarang sudah 7 tahun. Anak Saya ini sangat banyak makannya Dok, tapi kalau untuk makanan berlemak sendiri jarang dikonsumsinya Dok. Tubuh gemuk Dok, dengan berat badan yang mencapai 40 kg. Kira-kira apa yang menyebabkan anak Saya ini berat badannya bertambah terus ya Dok? Dan, bagaimana solusinya untuk mengatasi berat badan yang berlebih pada anak Saya ini? Tolong diberikan informasinya ya Dok.

Terima kasih

Waalaikumsalam wr.wb

Anak dengan kasus berat badan yang berlebih ini memang cukup banyak dialami saat ini. Berat badan berlebih pada anak juga dikenal dengan istilah obesitas. Nah, di bawah Anda bisa melihat beberapa penyebab dari obesitas pada anak, yaitu sebagai berikut:

– Faktor genetik dari kedua orang tua memiliki peranan penting dalam hal obesitas pada anak. Akan tetapi, walaupun ini termasuk faktor penting, namun ternyata tidak semua keluarga yang berat badannya berlebih akan menurun ke anaknya kelak.

– Anak kurang beraktivitas fisik juga termasuk salah satu penyebab obesitas. Apalagi anak-anak jaman sekarang ini semakin dimanjakan dengan adanya smartphone atau permainan lainnya yang tidak dibutuhkan aktivitas gerakan fisik secara menyeluruh. Aktivitas seperti ini tentunya tidak membuat tubuh melakukan proses pembakaran kalori.

– Anak terlalu banyak mengkonsumsi jajanan atau makanan yang tidak sehat, apalagi di jaman sekarang ini sudah banyak sekali beredar rumah makan yang menyajikan makanan cepat saji.

– Adanya efek samping dari obat tertentu yang dikonsumsi oleh anak.

– Gangguan hormon, namun sangat jarang ditemukan.

– dan masih banya lagi penyebab lainnya.

Anak yang gemuk atau obesitas ini termasuk sebagai sarang penyakit nantinya. Beberapa penyakit yang kerap kali menghinggapi anak yang obesitas ini termasuk penyakit-penyakit mematikan antara lain adalah, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, hiperkolesterol, dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Dalam membantu anak yang mengalami berat badan berlebih ini, tentunya kerjasama keluarga sangatlah dibutuhkan, sepertinya misalnya dukungan dan juga perhatian terhadap anak yang obesitas. Dukungan dan perhatian tersebut berupa perubahan pola hidup yang lebih baik dengan melakukan kegiatan-kegiatan dan juga berbagai aktivitas yang membutuhkan pergerakan yang lebih banyak. Berolahraga secara teratur, serta memperbaiki jenis dan juga pola makan yang dikonsumsi setiap harinya. Untuk anak Anda yang sekarang berusia 7 tahun, sepertinya sudah cukup mudah menangkap mengenai penjelasan seperti ini.

Selain itu, Anda juga haruslah rutin memeriksakan kondisi anak Anda ke Dokter spesialis anak. Di sana tentunya Anda akan diberikan pengarahan yang lebih tepat mengenai berat badan yang sesuai dengan kondisi tinggu dan usia anak Anda sekarang.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu ya.