Apa Solusi Untuk Menangani Gondongan Pada Anak

Pagi Dok, anak perempuan Saya ini umurnya 3 tahun lebih 3 bulan yang berat badannya 13 kg. Sejak dari 2 minggu lalu itu Saya lihat ada bengkak pada bagian bawah telinga kanannya Dok. Saya pun beranggapan kalau anak Saya ini mengalami sakit gondongan, lalu Saya pu mengoleskannya blau. Setelah 2 hari, bengkak tersebut mulai mengalami perubahan sedikit, tapi sampai hari ke 10 bengkaknya tidak hilang-hilang. Saya pun langsung membawanya ke Dokter anak untuk diperiksa. Dan hasil diagnosa dari Dokter mengatakan anak Saya memang sakit gondongan, dan Dokter pun memberikan antibiotik dan juga cream oles. Tapi setelah 2 hari belum ada perubahan pada bengkak tersebut, dan malah anak Saya mengalami demam Dok. Tapi demamnya ini hanya sehari saja Dok, namun bengkaknya masih lanjut. Lalu ke esokan harinya lagi Saya bawa anak Saya ke Dokter anak yang memeriksa sebelumnya. Dokter tersebut malah menyarankan Saya membawa anak Saya ini ke Dokter bedah, karen Dokternya khawatir kalau bengkak pada anak Saya ini sudah berisikan nanah. Saya sendiri belum berani membawa anak Saya ini ke Dokter bedah Dok, karena Saya trauma mendengar kata Dokter bedah tersebut. Kira-kira apa ya solusi terbaik untuk menangani gondongan pada anak Saya ini Dok? Tolong dibantu ya Dok. Terima kasih.

Penyakit gondongan ini merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi terhadap virus, sehingga kelenjar parotis menjadi bengkak. Kelenjar parotis sendiri merupakan tempat untuk memproduksi air liur, yang letaknya berada di dalam telinga. Virus tersebut menyebar melalui udara yang telah terkontaminasi dari penderita gondongan lainnya, misalnya dari batuk atau bersin, dan bisa juga secara tidak langsung melalui barang-barang yang telah digunakan oleh penderita itu sendiri seperti gelas, handuk, dan lain sebagainya.

Biasanya untuk menangani penderita gondongan ini tidak diperlukan penanganan yang khusus. Karena memang proses penyembuhan dari penyakit gondongan ini tergantung dari sistem imunitas tubuh sendiri untuk bekerja melawan infeksi yang dialami dan bisa berlangsung hingga 10 sampai 14 hari lamanya. Tapi untuk membantu dalam meringankan gejala yang ditimbulkan oleh gondongan ini, kami ada beberapa tips untuk Anda, yang bisa dilihat di bawah ini:

– Berikan kompres pada bengkak yang terasa sakit tersebut dengan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat.

– Pastikan anak beristirahat yang cukup untuk memulihkan daya tahan tubuhnya.

– Perbanyak memberikan air putih untuk anak.

– Untuk sementara waktu, anak diberikan saja makanan yang bertekstur lebih lunak agar tidak menimbulkan rasa sakit saat mengunyah.

– Jika anak sampai demam dan merasakan nyeri, maka obat paracetamol bisa membantu untuk mengurangi gejala tersebut yang tentunya bisa Anda dapatkan di apotik-apotik terdekat, dan berikan sesuai dengan dosisi yang dianjurkan saja.

Kondisi lain yang bisa diderita anak Anda ini adalah Abses, yang menyebabkan penumpukan nanah pada bagian bawah kulit karena infeksi bakteri. Pemeriksaan secara fisik akan lebih mempermudah untuk mendiagnosa perbedaan dari kedua kondisi tersebut. Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah mengikuti anjuran Dokter untuk langkah tepat penanganan pada penyakit yang diderita anak Anda.