Kepala Anak Selalu Terlihat Miring ke Kiri, Itu Kenapa Ya?

Assalamualaikum Dokter.

Saya Wardah, Bunda dari Satia usia 12 bulan. Anak Saya ini sudah bisa berjalan dengan normal dan seimbang Dok. Sudah ada tumbuh giginya juga. Tapi, Saya perhatikan anak Saya ini koq kepalanya selalu miring ke kiri ya Dok. Kadang juga sih lurus, itu pun bahunya kirinya pasti agar terangkat kalau kepalanya lurus. Apa anak Saya ini ada kelainan pada lehernya ya Dok? Apa langkah yang harus Saya lakukan untuk menangani kelainan pada leher anak Saya ini Dok? Mohon dengan sangat bantuannya ya Dok. Siapa tahu ini bisa disembuhkan dengan cepat, sehingga saat anak Saya dewasa nanti, itu bisa normal kembali. Terima kasih sebelumnya ya Dok.

Waalaikumsalam wr.wb

Kondisi leher yang terlihat miring yang dialami oleh anak Bunda Wardah saat ini dikenal juga dalam istilah medisnya dengan nama Tortikolis. Tortikolis ini merupakan gangguan pada bagian otot leher anak, sehingga kepala terlihat miring atau memutar ke samping. Selain membuat kepala anak terlihat miring, kondisi fisik yang menyertai gejala dari tortikolis ini bisa juga seperti berikut:

– Anak memiliki keterbatasan pada ruang gerak kepalanya,

– Otot pada leher anak terasa kaku,

– Anak mengeluhkan sakit pada lehernya,

– Biasa juga leher anak terlihat bengkak,

– Tremor pada kepala,

– Anak akan mengalami sakit kepala,

– Bahu pada anak akan terlihat miring juga, atau salah satunya agak naik.

Penyebab terjadinya tortikolis

Penyebab dari tortikolis ini beragam Bun, ada yang karena kerusakana pada otot leher, gangguan pada tulang belakang atas, atau bisa juga karena kerusakan pada saraf. Selain dari beberapa trauma tersebut, ada juga yang disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada , bantalan tulang belakang, ligamen yang lemah, ada tumor, dan juga karena jaringan parut. Kelainan genetik juga bisa menjadi dari anak tortikolis ini yang dimana orang tuanya juga mengalami hal yang sama.

Tortikolis ini bisa saja terjadi saat bayi Bunda masih dalam kandungan. Di mana saat di dalam kandungan posisi pada leher bayi Bunda ada yang salah. Sehingga membuat aliran darah pada leher anak mengalami gangguan.

Akan tetapi, tortikolis ini bisa saja terjadi pada beberapa orang dewasa juga, yang bahkan terjadi begitu saja tanpa sebab yang dikenal dengan istilah tortikolis idiopatik atau lebih dikenal dalam istilah sehar-harinya adalah salah bantal. Kasihan ya bantalnya di salahkan, padahal udah dipeluk, dan ditindisin, hehehe :).

Penanganan pada tortikolos

Untuk menangani tortikolis ini, bisa dengan memberikan kompres air hangat pada bagian leher. Dan, jika ada rasa nyeri yang ditimbulkan, maka bisa dengan memberikan obat pereda nyeri untuk anak, seperti ibuprofen dan juga paracetamol. Jika leher anak terasa kaku, maka bisa dibantu dengan relaksasi menggunakan diazepam.

Untuk penanganan yang lebih efektif atau yang sudah akut tentunya Anda harus berkonsultasi dengan Dokter secara langsung.

Nah , itulah yang bisa kami informasikan mengenai kondisi leher miring (tortikolis) yang dialami oleh anak Bunda. Semoga bisa bermanfaat ya Bun :).