Bayi Usia 6 Bulan Sudah Bisa Bicara dan Jalan, Apa Itu Normal?

Hai Dok, Selamat malam

Gini Dok, kami antara senang dan juga bingung dengan kondisi tumbuh kembang pada anak kami ini. Anak kami ini sudah mencapai usia 1 tahunan lebih, dan pada saat usinya itu masih 6 bulan, dia sudah bisa berbicara dengan beberapa kata. Yang membuat Saya lebih heran dan tambah bingung, anak Saya sudah bisa berjalan saat usianya masih kurang 1 tahun Dok. Apa itu tumbuh kembang secepat itu masih dalam katergori normal atau memang terlalu cepat ya Dok? Mohon dibantu untuk informasi tentang tumbuh kembang pada anak ya Dok. Terima kasih sebelumnya.

Hai, selama malam

Tumbuh kembang anak itu terbagi menjadi 4 yaitu, perkembangan motorik kasar, motorik halus, komunikasi anak (bicara), serta perkembangan sosialnya. Anak yang sudah bisa berbicara seperti anak Anda ini termasuk dalam tahapan komunikasi, dan jika dia sudah bisa berjalan maka dia berada pada tahapan perkembangan motorik kasar. Tahapan tumbuh kembang pada anak ini memang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang di antaranya, nutirisi yang diberikan, stimulasi, dan sebagainya.

Jika anak Anda memang sudah bisa berbicara di usianya yang masih 6 bulan ini, maka itu masuk dalam kategori normal. Tentunya Anda sebagai orang tua haruslah bangga dengan perkembangan anak Anda yang cepat tersebut. Orang tua yang lainnya malah mengeluhkan anaknya masih belum bisa berbicara padahal usianya sudah 1 tahun.

Di bawah ini kami ada sedikit penjelasan mengenai tahapan tumbuh kembang pada anak usia 6 bulan.

Tumbuh kembang bayi 6 bulan

Saat bayi sudah menginjak usia 6 bulanan, maka biasanya dia itu lebih senang untuk duduk di lantai dan bermain. Bahkan anak-anak di usia 6 bulan ini akan banyak mencoba berbagai posisi tubuh, lalu suka mengeksplore kondisi-kondisi yang ada di sekitarnya.

Untuk berat badan bayi yang usianya sudah menginjak 6 bulan ini, biasa memiliki bobot 6,4 kg sampai 9,7 kg, lalu tingginya 63,6 cm hingga 71,6 cm untuk bayi laki-laki. Sedangkan untuk bayi yang perempuan yang berusia 6 bulan, berat tubuhnya sekitar 5,8 kg hingga 9,2 kg dengan tinggi 61,5 hingga 70 cm.

Perkembangan Motorik

Bayi yang usianya sudah mencapai 6 bulan ini, biasanya kakinya ini sudah mampu menopang bobot tubuhnya. Nah, di saat seperti inilah Anda bisa membantunya untuk mulai berdiri dengan cara memegang ketiaknya pada pangkuan Anda atau di lantai. Melatih otot-otot kaki bayi saat sudah menginjak usia 6 bulan ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak selanjutnya, seperti merangkak dan berjalan. Cara melatih otot-otot tersebut bisa dengan menggunakan mainan yang agak jauh dari anak Anda, dan biarkan dia berusaha untuk menjangkaunya. Dan, termasuk hal wajar jika anak Anda memang sudah bisa berjalan di usianya yang masih kurang dari 1 tahun.

Selain hal tersebut, bayi di usia 6 bulan juga sudah mencoba beberapa hal baru seperti:

– Suka memukul-mukul atau melemparkan benda ke lantai, hanya untuk memperhatikan bunyi suara yang dikeluarkan oleh benda tersebut. Lalu kembali memperhatikan benda yang dilemparnya tersebut, seakan-akan mencari sumber bunyi yang dihasilkan tadi.

– Bayi sudah bisa mulai bisa merangkak karena otot kaki dan lengannya sudah cukup kuat.

– Sudah mampu memegang dan mengangkat benda dengan satu tangan saja, lalu memindahkannya ke tangan yang satunya lagi.

– Bayi 6 bulan ini juga lebih banyak tertarik pada benda-benda kecil. Untuk itu sebaiknya Anda sebagai orang tua tetap mengawasi si kecil saat dia memainkan benda-benda yang kecil tersebut. Karena, bayi 6 bulan ini juga lebih suka memasukkan benda ke dalam mulutnya.

– Bayi di usia 6 bulan ini juga sudah mampu mengguling-gulingkan badannya maju mundur.

Perkembangan komunikasi yang berkaitan dengan kemampuan bicara

Bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan ini umumnya sudah mampu mengeluarkan beberapa kata yang merupakan gabungan antara huruf konsonan dan juga huruf vokal seperti, “ma”, “ya”, “ah”, atau “ba”. Di usia ini bayi juga sudah mampu memperlihatkan ekspresinya terhadap benda atau sesuatu yang diinginkannya dengan cara, menunjuk, dan juga sudah bisa melambaikan tangan ke orang lain.

Melatih komunikasi atau kemampuan berbicara pada bayi bisa Anda lakukan dengan membacakan dongeng sebelum tidur, yang memiliki gambar-gambar. Ini akan membuat kemampuan bahasa dari anak menjadi lebih baik. Cara ini pun bisa mensugesti anak untuk lebih suka terhadap buku, sehingga saat dewasa lebih suka membaca buku. Anda juga bisa melatih kemampuan bahasa bayi dengan bernyanyi.

Perkembangan kemampuan sosial

Di usia bayi yang sudah menginjak 6 bulan ini, maka kemampuannya dalam berinteraksi akan lebih berkembang juga. Beberapa tanda yang diperlihatkannya itu seperti:

– Mungkin saat usia bayi Anda masih di bawah 6 bulan, dia masih belum bisa respon atau bahkan terlihat takut pada orang yang baru ditemuinya. Nah, di usia 6 bulanan ini bayi Anda akan memperlihatkan sikap yang lebih terbuka, lalu meresponnya dengan senyuman atau pun ajakan dari orang lain untuk menggendongnya, apalagi jika menurutnya orang tersebut menarik.

– Bayi akan lebih banyak mencari perhatian Anda, dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda senang atau bahkan membuat Anda marah. Di usia inilah Anda sebagai orang tua perlu mengajarkan si kecil tentang hal yang baik dan juga buruk.

– Kalau sebelumnya bayi hanya bisa menangis untuk mengekpresikan kemarahan atau menarik perhatian, kini bayi usia 6 bulan sudah bisa berterik, memukul-kulul, atau melemparkan benda untuk mencari perhatian Anda.

– Bayi sudah lebih banyak berinteraksi dan bermain dengan orang tua dan juga anggota keluarga yang lebih dekat.

– Bayi juga akan senang ketika melihat bayangannya sendiri di cermin.

– Sudah mampu menyimpan memori dengan mengenali wajah orang tua dan juga anggota keluarga yang sering dilihatnya.

– Memberikan respon terhadap ekspresi dari orang lain.

– Bayi usia 6 bulan juga sudah mengenal namanya, sehingga kalau dipanggil namanya akan memberikan respon kembali.

Nah, itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tumbuh kembang usia anak 6 bulan. Anda tidak perlu khawatir terhadap anaknya yang tumbuh kembangnya cepat. Justru itu akan lebih baik untuknya kelak.