Balita Hanya Batuk Saat Malam, Bagaimana Mengatasinya?

Dok, Nama saya Putra. Anak Saya ini sedang mengalami batuk-batuk Dok. Usianya saat ini sudah 3 tahun lebih, dan batuknya ini berlangsung beberapa hari. Anehnya, batuknya ini hanya pada malam hari saja Dok, menjelang waktu tidur. Kalau batuk bahkan terkadang disertai dengan mutah juga Dok. Tapi, kalau sudah pagi, siang, dan juga sore hari, batuknya ini sudah tidak kambuh lagi. Saya juga sudah memberikannya obat batuk anak dalam bentuk sirup, tapi batuknya ini belum sembuh-sembuh juga Dok. Tolong dibantu ya Dok. Terima kasih.

Hai Pak Putra, selamat malam

Perlu Bapak ketahui bahwa batuk itu sebenarnya salah satu bentuk dari sistem pertahanan tubuh pada seseorang untuk menolak adanya penyakit atau gangguan dalam tubuh. Karena, batuk ini akan bekerja untuk membantu dalam mengeluarkan gangguan tersebut seperti lendir, atau benda-benda asing yang masuk melalui saluran pernapasan atau tenggorokan hingga ke paruparu.

Anak yang batuk hanya pada malam hari saja disertai dengan kondisi muntah dan lainnya seperti yang dialami anak bapak, biasanya lebih mengarah kepada penyakit asma. Untuk anak yang mengalami asma tersebut biasanya proses penyembuhannya akan memakan waktu yang cukup lama Pak. Dan, hal tersebut bisa juga muncul diakibatkan oleh faktor anak terlalu banyak memiliki aktivitas seperti, berolahraga yang berat, dan lain sebagainya. Anak yang mengalami penyakit asma ini biasanya memang batuknya pada malam hari dan juga ada suara mengi yang terdengar saat anak bernapas, dan tentunya anak mengalami sesak pada pernapasannya juga.

Kondisi lainnya yang bisa dialami oleh anak Bapak ini juga bisa terjadi karena penyakit flu. Flu ini terjadi karena anak terkena infeksi dari bakteri atau virus dan pada umumnya disertai pula dengan peningkatan suhu tubuh anak (demam panas). Bisa juga disebabkan karena faktor polusi udara (asap rokok / kendaran) atau lingkungan yang tidak sehat, dan lain sebagainya.

Untuk jenis batuk yang disebabkan oleh infeksi ini pada umumnya tidak memerlukan penanganan yang khusus, karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah 2 minggu. Selain hal tersebut, ada juga beberapa tips yang bisa membantu Bapak Putra untuk membantu meringankan batuk pada si kecil, yaitu sebagai berikut:

– Jagalah asupan gizi dan nutrisi pada anak setiap hari, dengan memberikan makanan-makanan yang sehat.

– Perhatikan pula cairan tubuh anak jangan sampai mengalami dehidrasi. Bapak bisa memberikan si kecil teh hangat, jus lemon dengan madu.

– Berikan terapi uap dengan menggunakan air hangat di dalam wadah untuk dihirup oleh anak.

Jika batuk pada si kecil tidak juga kunjung sembuh padahal sudah lebih dari 2 minggu, hingga menimbulkan gejala anak susah bernapas, rewel, batuk yagn disertai bercak titik darah, muntah, pucat, dan lain sebagainya, maka yang perlu Bapak lakukan adalah membawanya segera ke rumah sakit atau Dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan dengan tepat.