Balita Demam Naik Turun Disertai Batuk Pilek, Bagaimana Menanganinya?

Dok mohon bantuannya ya. Nama Saya Abdi, Saya mau bertanya mengenai kondisi dari anak kami ini Dok. Anak kami sudah demam selama 2 hari ini, dengan suhu tubuh antara 39 dan 40 derajat celcius bahkan lebih Dok. Usia anak kami sekarang ini 23 bulanan Dok. Matanya juga selalu berair, sehingga selalu ada kotoran pada matanya. Anak kami ini juga batuk pilek Dok, dan pola napasnya ini tidak seperti biasanya (bernapas cepat), ada juga suara mengi saat anak kami ini bernapas Dok. Ini mempengaruhi pola makan dan juga tidurnya setiap hari Dok, dia terlihat seperti selalu mengantuk dan juga sangat rewel. Saat diberi susu pun dia juga masih rewel, dan selalu menggosok telinganya. Batuk pilek yang dialaminya ini sudah berlangsung antara 5 hingga 7 hari, sebelum dia mulai demam panas Dok. Apa yang harus kami lakukan untuk menangani demam naik turun pada anak kami ini ya Dok? Mohon dibantu ya Dok, kami khawatir nanti anak kami ini kenapa-kenapa. Terima kasih banyak sebelumnya Dokter.

Hai Bapak Abdi, selamat malam

Anak yang usianya masih tergolong balita seperti anak Bapak Abdi ini memang adalah usia yang sangat rentan terhadap segala macam penyakit. Berdasarkan kondisi atau gejala yang Bapak sebutkan di atas itu, mungkin saja anak Bapak ini sedang mengidap penyakit yang dinamakan pneumonia. Penyakit ini memang bisa saja menghinggap siapa pun, tidak terkecuali anak balita. Gejala-gejala pada anak yang mengidap penyakit pneumonia ini pada umumnya, antara lain sebagai berikut:

– Anak batuk dengan dahak yang juga disertai dengan pilek

– Anak akan mengalami demam yang tinggi bahkan mencapai 40 derajat celcius

– Anak mengalami sesak pada saat bernapas

– Anak akan mual-mual dan hingga muntah, yang akan membuat nafsu makannya juga akan menurun

– Warna tubuh pada anak terlihat kebiru-biruan

– dan gejala lainnya

Akan tetapi, untuk memastikan hasil diagnosa penyakit yang dialami oleh anak Bapak sekarang ini, maka sebaiknya dibawa ke Dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Karena, gejala yang seperti Bapak jelaskan tersebut bisa juga termasuk dalam golongan penyakit, Bronkopneumonia, asma bronkiale, ISPA, tifus, peradangan telinga, dan lain sebagainya. Hampir semua gejala dari penyakit-penyakit tersebut memang sama, sehingga dibutuhkan pemeriksaan secara fisik langsung.

 

Apalagi anak Bapak sudah mengalami demam selama 2 hari dan sangat tinggi mencapai 40 derajat celcius. Untuk itu, pemeriksaan lebih lanjut oleh Dokter tentunya akan memberikan hasil maksimal untuk penanganan pada anak Bapak ini.

Sebagai saran untuk Bapak dalam merawat si kecil ini, sebaiknya tetap rutin melengkapi kebutuhan nutrisinya. Jika anak memang malas makan, maka cukup diberikan porsi kecil saja, tapi dibuat lebih sering.

Semoga bisa membantu ya.