Anak Usia 1 Tahun Malas Makan, Apa Perlu Diberi Vitamin Nafsu Makan?

Dok, saya ada pertanyaan, tolong dibantu ya.

Saya Vivian, anak Saya usianya saat ini sudah 9 bulan. Saat sudah masuk waktu makan, pasti dia akan menangis. Kalau sudah mau disuapin, dia akan menutup mulutnya, sambil tetap menangis Dok. Kalau diberi susu ASI pun dia tidak mau Dok. Kondisi badannya sekarang ini menjadi kurus dan lemah. Padahal sebelum-sebelumnya dia tidak seperti itu Dok. Saya mau berikan vitamin penambah nafsu makan, tapi Saya tidak tahu mana yang tepat dan juga berada dosisnya. Tolong diberi solusi yang terbaik ya Dok. Saya sangat khawatir dengan kondisinya yang semakin lemah dan kurus ini. Terima kasih.

Hai Bunda Vivian selamat siang

Setiap orang tua pasti akan merasa khawatir dengan kondisi anaknya yang malas makan. Apalagi kalau anaknya itu sudah makin kurus dan lemah. Untuk menangani hal tersebut, maka Bunda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

– Bunda harus tetap bersabar dalam menghadapi tingkah laku anaknya. Tetap berikan saja anak Bunda makan setiap harinya secara rutin. Bunda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan jumlah kalori perharinya kalau memang anak Bunda tidak mau makan dalam sehari. Karena, mungkin saja asupan makanan yang Bunda kemarin berikan kepada si kecil bisa saja menutupi kecukupan kalorinya untuk hari esok. Maka cara seperti ini tentunya bisa membuat si kecil tidak merasa dipaksa untuk makan. Untuk menyiasatinya lagi, Bunda bisa memberikan si kecil makan dalam porsi yang kecil saja. Sehingga si kecil bisa cepat menghabisinya, namun diberikan dalam frekuensi yang lebih sering saja ya Bun.

– Saat si kecil sedang ngantuk dan mau tidur atau lagi asik bermain, maka hindari dulu pemberian makanannya. Karena, di saat seperti ini anak pasti akan menolak untuk diberi makan, apalagi kalau lagi asik main dengan teman-temannya. Jika Bunda tetap ingin memberi si kecil makan saat bermain bersama teman-temannya, maka Bunda bisa mengajak teman-temannya juga untuk makan bersama.

– Kreasikan makanan si kecil dengan memberikan hiasan pada piring si kecil, agar itu membuatnya lebih menarik.

– Ikutkan anak saat sedang makan bersama orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Untuk pemberian vitamin penambah nafsu makannya, Bunda bisa koq memberikan vitamin apa saja kepada si kecil. Asalkan Bunda tetap memperhatikan jumlah takaran yang sesuai dengan usia si kecil.

Jika memang kondisi dari si kecil saat ini semakin kurus dan menjadi semakin lemah, maka sebaiknya Bunda segera membawanya ke rumah sakit terdekat. Karena, kekhawatiran kami anak Bunda ini mengalami dehidrasi, yang sebaiknya harus diberikan cairan infus.

Itulah informasi yang bisa kami berikan kepada Bunda seputar permasalahan si kecil yang malas makan dan semakin lemah ini. Semoga bisa membantu ya.