Anak Susah Makan dan Berat Badan Kurang, Bagaimana Mengatasinya?

Selamat sore Dok

Anak Saya yang usianya saat ini sudah mencapai 4 tahun, sangat susah untuk dikasi makan Dok. Berat badannya pun tidak naik-naik, hanya 12 kg saja. Ini gimana ya cara agar anak Saya ini bisa lahap makan dan berta badannya bertambah? Tambahan lagi, dia juga sangat aktif bermain Dok. Itu aja pertanyaan saya. Tolong dibantu informasi ya Dok. Terima kasih.

Selamat malam

Anak yang sedang malas makan, atau menolak semua jenis makanan yang diberikannya, sudah menjadi masalah rutin bagi para orang tua, sehingga ini pun bukanlah hal yang baru lagi. Namun, anak yang malas makan ini tentunya akan menjadi kekhawatiran bagi para orang tua, untuk perkembangan pada anaknya kelak. Kondisi seperti ini memang kerap kali dialami oleh anak yang masih termasuk golongan balita. Untuk itu, Anda sebagai orang tua sebaiknya pintar-pintar untuk menyiasati anak yang susah makan ini.

Hal yang perlu Anda lakukan sebagai orang dalam mengatasi masalah anak yang susah makan seperti ini adalah mengamati tingkah laku anak Anda yang malas makan tersebut. Pada umumnya anak yang malas makan akan memperlihatkan tingkah laku seperti:

– Anak akan menolak saat diberi suap makanan, bahkan menutup mulutnya.

– Anak hanya ingin makan kalau jenis makanan tertentu saja.

– Anak lebih suka makanan yang instant atau cepat saji.

– Anak akan menolak makan jika kemarinnya sudah diberikan makan yang banyak.

– Anak hanya makan satu jenis makanan saja.

– Anak secara tiba-tiba tidak ingin makanan atau minum yang sebelumnya menjadi favoritnya.

Jika memang tanda-tanda seperti itu ada pada anak Anda yang lagi malas makan sekarang ini, maka inilah tips yang bisa Anda lakukan.

– Ikutkan anak saat makan bersama, atau membuatkan acara makan yang khusus secara rutin, agar anak memiliki banyak teman makan.

– Upayakan agar memberikan anak pola makan yang terjadwal dan dibuat konsisten.

– Ajarkan anak untuk makan dengan sendirinya.

– Anda juga bisa memberikan maksimal 2 jenis makanan saja, di piring makan anak.

– Perlengkapan makan juga bisa menjadi daya tarik untuk anak agar bisa maka. Untuk itu, berikan si kecil tempat makan yang unik, dengan gambar atau berwarna-warni.

– Anda bisa juga mengajak teman-teman si kecil untuk makan bersama di rumah.

– Jauhkan anak dari mainan, binatangn peliharaan, dan juga tv yang bisa mengganggu perhatiannya.

– Ajak anak terlibat saat Anda berbelanja makanan hingga menyajikan makanan tersebut.

Agar berat badan anak bisa bertambah, pastikan asupan gizi yang diterima anak bisa lebih banyak. Dan, Anda bisa berkonsultasi dengan Dokter spesialis anak untuk gizi dan nutrisi yang baik untuk anak Anda.

Semoga bermanfaat.