Apakah Berbahaya Kalau Anak Mimisan Saat Demam?

Selamat sore Dok

Saya mau berkonsultasi mengenai anak Saya ini. Kenapa ya anak Saya kalau dia demam, pasti juga mengalami mimisan? Bahkan, bisa beberapa kali dalam seharian mimisannya itu Dok. Satu keluhan Saya lagi nih Dok, kalau anak Saya diberikan minuman gelas dari warung pasti muntah setelahnya. Kira-kira apa yang harus Saya lakukan untuk kondisi anak Saya yang seperti ini ya Dok? Dan, Saya harus ke Dokter apa untuk penanganannya? Itu saja Dok. Tolong dibantu informasinya ya Dok. Terima kasih sebelumnya.

Hai, selamat sore

Mimisan ini memang terkadang dialami oleh siapa saja, tak terkecuali oleh anak-anak juga. Mimisan ini adalah suatu kondisi, di mana hidung mengeluarkan darah seperti saat keluarnya lendir atau ingus. Di dalam hidung ini ada terdapat jaringan pembuluh darah juga. Jaringan pembuluh darah yang ada di dalam hidung pada masing-masing orang ini tentunya berbeda-beda, ada yang tebal dan ada juga yang tipis. Untuk yang jaringan pembuluh darahnya yang tipis inilah yang biasanya mudah mengalami mimisan atau pendarahan pada hidungnya.

Di bawah ini ada beberapa faktor pemicu yang bisa menyebabkan keluarnya darah dari lubang hidung atau lebih dikenal dengan istilah mimisan, yaitu sebagai berikut:

– Suhu tubuh meningkat secara drastis yang meliputi, demam tinggi sehingga membuat pembuluh darah menjadi melebar yang resiko terjadinya mimisan tentu akan lebih tinggi,

– Mengalami polip pada hidung,

– Ada deviasi septum hidung, seperti tulang pada pembatas hidung tidak normal atau miring,

– Terlalu sering bersin dengan keras,

– Ada kelainan pada darah,

– Terlalu sering mengorek hidung,

– dan lain sebagainya di mana membutuhkan pemeriksaan langsung untuk mengetahuinya.

Dokter yang bisa Anda datangi untuk membantu dalam mengatasi masalah pada anak Anda ini adalah Dokter spesialis anak. Dokter spesialis anak tentunya akan membantu Anda dalam mendiagnosa kondisi yang dialami oleh si kecil melalui pemeriksaan fisik secara langsung, terkait permasalahan mimisan pada anak Anda yang sedang demam ini. Untuk demam anak Anda sendiri, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberinya obat penurun panas seperti paracetamol atau ibuprofen untuk anak. Jangan lupa pula untuk memberikan istirahat yang cukup untuk anak, serta asupan makanan yang bergizi untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Perhatikan pula kebutuhan cairan dalam tubuh anak Anda, agar tidak mengalami dehidrasi saat demam.

Sedangkan untuk keluhan mengenai anak muntah setelah diberikan minuman gelas atau makanan dari warung ini, sebaiknya Anda tidak memberikan makanan atau minuman bebas yang tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya kepada anak Anda. Anak-anak memiliki sistem pencernaan dalam tubuhnya yang terbilang masih sangat rapuh, sehingga mudah terinfeksi mikroorganisme yang masuk. Sebaiknya berikan saja makanan yang alami atau olahan Anda sendiri untuk cemilan anak Anda seperti buah-buahan yang diolah menjadi jus.