Begini Cara Membuat Bubur Pisang untuk Bayi

dr. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes

Sejak lama buah pisang dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat, hal tersebut pula yang membuat banyak orang mengkonsumsi buah pisang bahkan memberikannya pada si kecil. Apakah Bunda salah satunya?

Buah pisang memang sangat bermanfaat Bun, bahkan boleh dikatakan jika pisang adalah buah kesehatan. Pasalnya, pisang merupakan buah yang memiliki kandungan lemak yang sangat rendah tapi dibalik itu pisang juga mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Tidak heran banyak orangtua sejak dulu memberikan bubur pisang untuk bayi, tapi Bunda sudah tahu seberapa banyak manfaat buah pisang untuk si kecil?

Membuat Bubur Pisang untuk Bayi

Manfaat Buah Pisang untuk Bayi

Sebagai orangtua yang perhatian maka kita tentu harus lebih dulu mengenal manfaat dari sebuah makanan sebelum memberikannya pada si kecil. Maka dari itu sebelum kita berbicara bagaimana cara membuat bubur pisang untuk bayi maka mari lebih dulu mengenal lebih dalam mengenai manfaat buah pisang itu sendiri untuk si kecil, apa saja Bun?

Membantu Mengatasi Sembelit

Bayi sangat mudah terserang masalah sembelit, bahkan sembelit bisa disebut sebagai salah satu gangguan yang sering dialami bayi. Umumnya bayi yang mengalami masalah sembelit cenderung rewel dan gelisah, karena ia sendiri masih cukup kesulitan untuk mendorong BABnya dengan posisi tubuh yang berbaring. Inilah salah satu manfaat pisang bagi bayi. Pisang mengandung serat yang sangat tinggi, dimana serat tersebut akan membantu usus si kecil mendorong BAB-nya dengan mudah. Tapi selain membantu mengatasi BAB, memberikan pisang juga dapat mencegah sembelit.

Memberikan Nutrisi yang Penting untuk Pertumbuhan Bayi

Bagi bayi nutrisi merupakan asupan yang akan sangat penting bagi tumbuh kembangnya. Nah, Bunda seperti yang saya sebutkan sebelumnya jika buah pisang kaya akan nutrisi. Ya, buah pisang mengandung kalium, kalsium, magnesium, belerang, fosfor dan zat besi yang mana nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan bayi. Mulai dari membantu membentuk dan menjaga fungsi otot, mengatur detak jantung, baik untuk pertumbuhan tulang dan juga meningkatkan sel darah merah.

Membantu Membersihkan Saluran Kemih

Selain masalah sebelit, bayi juga umumnya sangat rentan mengalami gangguan di saluran kemihnya yang bisa disebabkan oleh infeksi. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya selain tentu saja berobat ke dokter, bayi yang mengalami infeksi saluran kemih yang biasanya diawali dengan gejala demam, jarang atau sering buang air kecil bisa diatasi dengan baik dengan memberikan buah pisang. Pasalnya pisang memiliki kandungan yang baik untuk membersihkan saluran kemih dari racun.

Mudah Dicerna

Buah pisang adalah buah yang lembut sehingga sangat mudah untuk dikonsumsi oleh si kecil. Selain itu buah pisang juga memiliki rasa yang manis sehingga sangat disukai oleh bayi. Tapi yang paling penting buah pisang jauh lebih mudah dicerna oleh bayi ketimbang makanan lainnya.

Sudah tahu manfaatnya kan? Bunda tertarik untuk membuat bubur pisang?

Membuat bubur pisang untuk bayi sangat tidak sulit kok Bun, bahkan umumnya bayi langsung suka dengan bubur pisang sejak pertama kali ia mendapatkannya. Selain itu Bunda juga bisa berkreasi dengan sereal dan bahkan membuat bubur pisang untuk bayi itu tidak membutuhkan waktu yang lama. Nah, bagaimana cara membuat bubur pisang untuk si kecil?

  • Pertama memilih buah pisang

Memilih buah pisang adalah fase yang cukup lama, karena sebagai bahan utama kita dituntut untuk benar-benar selektif memilih pisang. Bunda, jangan memilih pisang yang belum matang umumnya pisang yang belum matang itu masih berwarna hijau. Pilihlah pisang yang benar-benar berwarna kuning karena saat buah pisang sudah matang maka umumnya pisang akan berwarna kuning. Tapi jangan memilih buah pisang yang terdapat bintik atau bercak coklat karena itu tandanya jika buah pisang sudah terlalu masak.

  • Memotong, mencuci dan mengupas pisang

Untuk membuat bubur pisang, kita tidak bisa langsung mencuci buahnya. Tapi sebaiknya kita lebih dulu memotongnya, mencuci dan mengupas. Bunda, sebaiknya kita tidak mengupas buah pisang lebih dulu, untuk mempertahankan kesegarannya buah pisang sebaiknya tetap berada di kulitnya. Sebaiknya kupas buah pisang yang hanya ingin digunakan saat membuat bubur. Saat mencuci (sebelum mengupas ya) Bunda bisa menggunakan air cuka dengan campuran 3 air dan 1 cuka. Setelah itu bilas pisang dengan air yang mengalir lalu keringkan.

  • Mengolah buah pisang

Setelah kering, haluskan pisang dengan sendok atau dengan menggunakan blender untuk mendapatkan kekentalan yang diinginkan Bunda bisa menambahkannya dengan air tapi jauh lebih baik jika dicampur dengan ASI

Itulah cara menyediakan bubur pisang, cukup simpel kan Bunda? Nah setelah bubur pisang selesai, untuk memberikan rasa yang berbeda, Bunda bisa menambahkannya dengan buah-buahan lain seperti alpukat, pir atau bahkan yogurt. Jika bubur yang sudah dibuat tidak habis, Bunda bisa menyimpannya dalam kulkas, tapi pastikan bubur pisang ditaruh pada wadah yang benar-benar tertutup.

Bubur pisang sangat kaya akan manfaat, tidak hanya bagi orang dewasa tapi juga bagi bayi. Tapi khusus bagi bayi, sebaiknya pastikan untuk tidak memberikan pisang yang mentah kepada bayi dengan alasan apapun berikan buah yang benar-benar sudah matang. Pasalnya pisang mentah tidak mudah dicerna oleh pencernaan bayi sehingga dikhawatirkan justru dapat mengganggu pencernaannya. Selain itu, sebelum memberikan bubur pisang maka Bunda lebih dulu memperhatikan kondisi si kecil. Jika ia sedang demam atau batuk sebaiknya jangan memberikan bubur pisang, satu lagi bubur pisang jauh lebih tepat untuk disajikan pada bayi saat siang hari.

Demikian dulu ya Bunda, semoga si kecil sehat selalu :)